Serial Seandainya Saya GM : Restoran ala Jepang Zushioda Cabang Kota Wisata Bekasi

Interiornya cukup menawan, tapi bau apek dari interior langsung menyergap begitu masuk ke resto. Mari kita berandai-andai, seandainya besok saya tiba-tiba ditawari menjadi GM resto ini maka ini yg akan saya lakukan :
img_5089
1. Usir Bau Apek
Saya akan lakukan apapun supaya bau apek itu bisa hilang karena sangat mengganggu selera makan. Mungkin akan gunakan arang bambu yg ditaruh di setiap sudut untuk menyedot habis bau apek. Atau masking bau itu dengan aroma terapi yang menggunakan uap dengan bau yg seringan mungkin. Kalau bisa dapat aromaterapi bau sakura maka akan jauh lebih baik lagi.
img_5088
2. Chef
Makanan itu seni, dan tidak mungkin seni itu indah tanpa seniman. Walaupun zushioda adalah franchise yg menyediakan menu siap saji dari pusat dan sangat minim menggunakan tenaga staf yg di restoran untuk memasak, tapi visual sangat penting. Di antara dua orang staf, ada satu orang yg paling banyak megang pisau dan panci, orang itulah yang akan saya dandani dengan pakaian putih lengan panjang, apron, dan topi putih tinggi. Perkara si staf itu seandainya pun tidak bisa masak dan cuma bisa motong kyuri krn memang makanan sudah siap saji dari pusat, masa bodoh! Konsumen akan merasa nyaman ketika makan dan melihat ada salah satu dari staf itu yang berpenampilan layaknya chef.
img_5090
3. Menu
Zushioda cabang ini akan merumuskan STP dengan jelas. Mau diingat sebagai apa, apakah sebagai restoran fusion atau restoran Jepang biasa, dan harus jelas seperti apa target konsumennya, analisa segmennya dari segi demografi, income, dll. Dari situ baru akan terlihat menu harus seperti apa, jika konsumennya mayoritas keluarga dgn anak-anak maka apakah perlu memasukkan otsumami (cemilan) seperti takoyaki, okonomiyaki, komochi shisamo, tamago yaki, dll. Atau jika konsumennya banyak yg datang sendiri, maka akan saya buatkan menu donburi atau rice bowl supaya mereka bisa quick lunch atau simple dinner. Jika yg banyak datang adalah kelompok dewasa, maka akan saya buat menu set dgn harga yg sedikit lebih murah dibanding a la carte. Makan kenyang, bayar tak mahal.
img_5087
4. Suasana Jepang
Interior sudah bagus, tapi musiknya masih lagu Indonesia. Internet penuh dgn lagu-lagu yg bisa didownload mulai dari yg bayar hingga gratis. Saya akan browsing hit song Jepang dan download. Lagu kokorono tomo-nya Mayumi Itsuwa, B’z, SMAP, Ayumi Hamasaki, dll akan membawa suasan Jepang. Kalau perlu saya akan cari DVD Oshin dan putar di TV di dalam resto, dialognya yg berbahasa Jepang pasti akan menciptakan Japanese-tique.
img_5091
5. Perbaikan Rasa Masakan
Staf akan saya bawa makan makanan Jepang di resto yg lebih baik sekali per dua bulan, misalnya ke Umaku di Kota Wisata Ruko European, Asuka di Cibitung, Fugetsu di Cibitung, dll supaya mereka tahu seperti apa cita rasa yg paling mendekati aslinya.
Di resto ini rasa miso ramennya lebih mirip chicken ramen, seharusnya kurangi kaldu ayam atau tonyu-nya, atau sekalian ganti mama menunya jadi MISO TONYU RAMEN. “Jari” atau nasi di sushinya terlalu padat dan keras. Beras harus ganti dan kombinasi dgn beras ketan. Ocha-nya terlalu hambar, ganti pakai zencha atau oolong cha.
Dan masih banyak lagi yg perlu diperbaiki.
6. Aktivasi Digital Marketing
Akun facebook, instagram, dan kaskus akan saya aktifkan, facebook untuk posting aktifitas harian, kaskus untuk bangun basis pelanggan, dan instagram untuk foto-foto. Kalau ada yg datang akan saya tawari wefie bersama staf dan posting di facebook.
Saya akan belajar fotografi praktis agar bisa posting gambar masakan yg bisa menggugah selera lalu posting di instagram.
Bagi yang nge-like fan page akan saya beri gratis salada atau diskon sekian persen, bagi yang tulis review positif bisa dapat ramen gratis satu porsi. Saya akan buat program weekly, monthly, semester, dan tahunan.
7. Kegiatan Promosi
Saya akan mulai membuat selebaran/pamflet. Tapi sebelumnya akan saya buatkan dulu paket-paket menu yang menarik lalu menyuruh staf untuk menyebarkan pada pagi hari ketika macet di jalan Narogong atau di sore hari. Selain itu, saya akan tambahkan poster poster yang menarik perhatian pengguna jalan di depan restoran dengan memajang foto makanan dan harganya. Kemudian saya akan pick up satu tanggal di setiap bulannya dan memberikan diskon khusus di hari itu.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.