World Business Center

Nama depannya TOYOTA, saya ndak sempat tahu nama belakangnya karena datang terlambat sekitar 6 menit.
Toyota-san adalah staf personalia dari World Business Center,co.ltd. Menilik namanya saya sendiri sempat terkecoh karena mengira perusahaan itu adalah perusahaan dagang yang berskala internasional, tapi ternyata bukan.
WBC adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT, didirikan pada tahun 1966 oleh Ikeda Tatsuo ketika beliau berumur 24 tahun. Pak Toyota bercerita panjang lebar tentang sejarah perusahaan dan terkesan bangga sekali dengan WBC, typical untuk pegawai pada perusahaan IT yang sudah tua dan mulai megap-megap di tengah persaingan ketat dunia IT. Tanpa memiliki nama besar yang mendunia dan dipaksa berhadapan dengan IT solution company raksasa macam Microsoft dengan Japan Microsoftnya, atau IBM dengan Japan IBMnya, memang tidak mudah bagi WBC untuk bertahan hingga selama ini. Kehebatan perusahaan ini sebenarnya bukan pada teknologinya, tapi kemampuan pemasarnya melihat niche market. Itulah sebabnya pada pamflet profil perusahaan terpampang dengan besar KAMI MEMBERIKAN LAYANAN TOTAL KEPADA SISTEM IT UNIVERSITAS DAN PUSAT-PUSAT PERAWATAN KESEHATAN. Jujur.
Ujian yang dilangsungkan dalam beberapa tahap di luar dugaan saya sangat sulit. Ternyata materinya bukan cuma tes psikologi biasa dengan deret2 angka dan gambarnya, tes yang ada hari ini mencakup juga pengetahuan umum (bagi orang Jepang). Jadi, hasilnya, saya puyeng 🙂
Kanji2 yg keluar memang masih setaraf level 1, bahkan ada beberapa soal yang masuk dalam kategori level 2 karena sering dipakai sehari-hari. Tapi tetap saja saya bengong ketika masuk di areal sejarah Jepang dengan sastranya 🙁
Mata saya cuma bersinar di bagian bahasa Ingrris, programming, komputer, pencocokan gambar, angka, soal cerita, dan pengetahuan2 ekonomi Jepang. Selebihnya redup dan sayu hehehehe….

Well, just have to wait for the announcement.

Tanoshimi ni shite imasu.