About Me

日本語 English

Makassar, Bandung, Jakarta, Kendari, Bekasi, Fukui, dan Kobe adalah kota-kota yang punya pahatan khusus dalam kehidupan saya. Saya lahir di Makassar, besar dan mengecap pendidikan di pesantren modern IMMIM di Makassar dari level SMP hingga SMA. Menginjak kelas 3 SMA, saya mewakili sekolah untuk mengecap pendidikan di kelas khusus BPG, sebuah proyek pendidikan yg siswa-siswinya adalah utusan2 dari sekolah2 yg dipilih oleh DepDikBud Sulawesi Selatan. Saya kemudian lanjut pendidikan tinggi di Elektronika STT Telkom Bandung sejak 1994 s/d 1997, namun akhirnya berhenti di tahun ketiga karena bosan dengan angka-angka ilmu eksak yang njelimet dan lebih senang menghitung untung-rugi di perusahaan kecil patungan saya dan seorang teman.

Sebelum berhenti saya sudah memutuskan untuk banting setir ke ekonomi dengan mendaftar di Ekonomi Internasional Wellington Polytechnic di New Zealand, semua persiapan kuliah sudah OK, bahkan asrama pun sudah disiapkan oleh pihak universitas, tapi apa daya tabungan yang ada jadi tidak bernilai setelah krisis moneter menghantam dan meluluhlantakkan nilai rupiah, mendongkrak nilai dollar dari 2.300 menjadi 15.000-an, akhirnya saya pun menyerah.

Jakarta akhirnya jadi pilihan mengasah otak dengan ilmu ekspor-impor di sebuah institut pinggiran Jakarta Selatan, Selesai program setahun (yang ternyata disingkat menjadi 6 bulan) saya malah ditawari pekerjaan sebagai image editor di perusahaan iklan, sama sekali nggak ada hubungannya dengan ekspor impor 🙂 Tawaran itu saya tolak dan akhirnya mulai melirik program magang, sembari mulai merambah desa-desa di Sukabumi, Cirebon, Puncak, Cianjur, dan sekitarnya untuk mencari produk agro bisnis yang bisa laku di pasar domestik. Setelah gagal tes magang satu kali di Bekasi, saya bertolak menuju Kendari dengan tujuan yang sama, magang ke Jepang.

Setengah tahun kemudian akhirnya mendarat kembali di Tanjung Priok, dan langsung menuju Cevest Bekasi untuk pelatihan bahasa.

4 bulan setelah itu, September 2000, hidup saya yang sama sekali baru dimulai di Fukui, ibukota propinsi Fukui, kota kecil di utara Kyoto. Musim dingin yang menggigit dan penduduk yang masih asing terhadap orang asing, membuat saya jadi terasing di tengah keramaian. Untuk menghilangkan kesepian, saya mulai aktif di International Centre dan akhirnya banyak menerima tugas-tugas untuk mewakili nama bangsa, walaupun dalam skala saaaaaangat kecil. Saya pernah menjadi tim komite Festival Internasional Fukui, memanggungkan tari kecak dan tari poco-poco bersama teman2 kenshusei di Fukui, dan 3 kali diundang sebagai guest untuk mengisi acara live on air di radio FUKUI FM yang membahas tentang budaya-budaya seluruh dunia. Sebagai buah dari aktifitas itu, gubernur Fukui berkenan memberikan amanah sebagai Duta Persahabatan dari Prefektur Fukui yang sedianya bertugas di Indonesia hingga akhir tahun 2005 (saya akhirnya tidak bisa menjalankan tugas karena kembali ke Jepang januari 2004).

Saya kembali ke Jepang pada awal tahun 2004, daftar UMPTN di 3 universitas (di Jepang, ujian UMPTN buat mahasiswa asing dilakukan di universitas masing-masing), dan alhamdulillah lulus di University of Commerce Kobe yang kemudian berubah nama menjadi University of Hyogo sejak 1 april 2004. Saya menekuni ilmu ekonomi jurusan ekonomi internasional.

Setelah menamatkan kuliah di university of Hyogo, Kobe, saya beroleh anugerah bekerja di perusahaan kosmetik & toiletris Jepang, MANDOM CORPORATION. Mandom adalah perusahaan yang cukup besar di Indonesia dan berhasil menelorkan merek2 terkenal seperti PIXY, LOVILLEA, TANCHO, PUCELLE, GATSBY, dll. Di tengah aktifitas kerja, saya berusaha untuk tetap menulis di blog ini untuk berbagi cerita, pendapat, dan pemikiran. Semoga untaian kalimat yang saya susun ini bisa membawa manfaat.

Terima kasih atas kunjungan anda.

——————————————————————–


はじめまして、僕の名前はムハンマド アリフ クルニアワン (ムハンマド・アリフ・クルニアワン)です。インドネシアのマカッサル市生まれ育ちました。中と高等学校はイスラム教の神学校PESANTREN IMMIMという学校でした。
高校を卒業した後、ジャワ島のバンドン市所在STT TELKOM (テレコム通信技術大学)を通いましたが、3年目自己退学して小さなトレード会社を起業して友達と経営しました。しかし、1年後倒産してしまいました。
2000年の夏インドネシア労働省とアイム・ジャパンが行う技能研修プログラムを経て、福井県所在中小企業で外国人研修生として勤めました。福井にいる間に国際的な活動を参加して様々なイベントでインドネシアのことを紹介しました。
福井FMラジオ局は三回もゲストになり、インドネシアの文化や宗教を話しをさせてもらいました。帰国前、当時福井県知事に「福井県友好大使」として任務されインドネシア共和国・福井県の架け橋としてボランティア活動をさせていただきましたが、
2004年から留学するので、結局その活動はあまりできませんでした。
2004年から2008年にかけて兵庫県立大学(旧神戸商科大学)経済学部に通い、2008年の春に卒業しました。今現在マンダム株式会社に勤めています。
忙しい毎日の中にできるだけ皆さんと楽しさ、悲しさ、悩みなどを告げるためにこのブログを作成しました。ほぼインドネシア語ですが、一部も日本語で書いてありますのでぜひ私の変な文章を読んでください 🙂  4649ね!
——————————————————————–

I was born in a suburban area in a city called MAKASSAR in Indonesia. Makassar is the capital of South Sulawesi, the southern part of Sulawesi island (it was also called Celebes island). I spent 6 years in a moslem boarding school, Pesantren IMMIM, studied about Islam and general knowledges just like other schools.

After graduated from pesantren I went to Bandung and chose a university which was established by a monopoly telecommunication company at that time, Telkom Indonesia. I spent 3 years to realize that I need something more challenging. I quited the university and start building a small trading company with a friend of mine. We were young and un-experienced, it only took about a year until we close the dream.

Meanwhile, I realized that I am lack of knowledge and planned to go to college again. My target was Australia or New Zealand because I only had a little money to grab. The dream was vanished again because of economy crisis hit Asian countries, including Indonesia. I finally took the opportunity to go to Japan as a trainee which they call kenshusei.

In the end of summer 2000 I start working in a small company in Fukui. A small city located in the nothern of Kyoto. In the spare time I mostly spent the time in a public facility called FIA (Fukui International Association) Center. I learnt Japanese and got myself into some international activities. Fukui FM station invited me 3 times to have live talk shows to introduce my country, Indonesia. In the end of my stay, I was rewarded as a friendship ambassador of Fukui prefecture for Indonesia until 2005. I wasn’t able to manage anything for that title because I returned to Japan in 2004. I took university admission test and passed into economic faculty of Hyogo University in Kobe.

In the spring 2008, I graduated from Hyogo university and start working in a toiletries & cosmetic company, Mandom corporation homebased in Osaka. Because the company is still in developing stage, there are still a lot of possibilities that we can challenge, it makes me exciting.

This blog is written mostly in Indonesian language, some articles are written in japanese and also english. Please feel free to come and exchange words with me. Thanks again for your visiting.

123 comments

  1. dodot haryo says:

    Untuk masuk ke universitas negeri Jepang itu dg biaya sendiri dulu ? Lantas setelah masuk bisa dapt bea siswa? Nah utk masuk Univ Negeri itu susah gak pak ? Kalo saudara istri saya banyak yang tinggal di Perfektur Nagoya.

  2. Hilda says:

    Wah seru juga ya pengalamannya sampe akhirnya terdampar diJepang.
    itulah usaha kadang apa yang sekarang terjadi pada diri kita mungkin sebelumnya tidak pernah
    terbayangkan. salut deh sama kamu sebagai anak bangsa yang gigih dan ulet.
    pernah ketemu Yakuza gak temen ku yang dulu kerja disana pernah hlo!
    sukses ya buat kamu dan harumkan nama bangsa kita di mata dunia!

  3. nawir says:

    ass. seangkatanki sama rizal akib di’..??

  4. hamzah says:

    as wr wb salam kenal, ternyata kita satu angkatan di STTtelkom, mas arif dulu jurusan apa? seneng dapat temen baru.

  5. arif says:

    Mas Dodot : jawabannya saya posting di PAPAN PESAN anaknegri.com, silakan dilihat ya.

    Mbak Hilda : Yakuza? banyak di Osaka dan sekitarnya, tapi mereka pada umumnya low profile. Jika tidak perlu banget2 maka mereka tidak akan menunjukkan identitas 🙂

    Dek Nawir : saya tamat 1994, satu angkatan dgn Faisal & Rizal Akib, Ardi, Sandy, Hamzah, Ahmad Hadi, dll. Kenal di mana ki Rizal?

    Mas Hamzah : O ya, wah senang sekali bisa ketemu teman2 lama. Saya dulu Elektro, dosen wali Ibu Dewi. Mas Hamzah juga angkatan 11? jurusan apa? mungkin kita pernah ketemu. Gimana kabar Dayeuhkolot terakhir ke sana?

  6. hamzah says:

    ibu dewi dari makasaryah… sdh berubah jalan sudah diaspal dan di cor.. iyah saya angkatan 11 teknik elektro d3, teruskan mas perjuangannya. orang yg baik adalah orang yg paling banyak manfaatnya untuk orang lain.

  7. arif says:

    Ooo D3 Elektro, berarti bareng2 Dodi, Hasan, dll. Aslinya mana mas Hamzah? Kita pernah ketemu ndak ya? Bbrp bulan yg lalu saya juga sempat ketemu dgn seorang teman satu angkatan di STT, D3 elektro juga, Eko. Kayaknya banyak juga ya lulusan atau ex STT yg ke Jepang.

  8. wiwin w darojat says:

    salam kenal mas Arif….
    wah bahagia rasanya bisa dapetin alamat ini.
    apalagi baca “kisah perjuangan” mas Arif
    saya dapetin alamat ini karna pingin cari informasi sebanyak banyaknya tentang jepang. Alhamdulillah saya mendapat beasiswa Doble Degree lingkage program univ di Yogyakarta dan di jepang, insya Allah 2008 saya berangkat ke Jepang.
    Mas Arif bisa bantu saya kan?
    Matur nuwun sebelumnya…

  9. arif says:

    mbak Wiwin, selamat atas rejeki yang diperoleh.
    Untuk informasi universitas kami menyarankan website http://www.jasso.go.jp atau coba riset dengan menentukan dulu bidang studi yg dikehendaki lalu cari universitas berdasarkan bidang studi itu. Di anaknegri.com ada daftar universitas yg didata oleh google, lihat di LINK INDEKS PILIHAN >> INFO BELAJAR >> DAFTAR UNIVERSITAS JPG dan pilih lin [en] supaya isi website langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh mbah google.

    Untuk informasi ttg universitas dari pandangan mata langsung mahasiswa, maka yg terbaik adalah langsung ke milis PPI Jepang. Silakan lihat http://groups.yahoo.com/group/ppi-jepang/ dan subscribe, lalu bertanyalah di forum. Teman2 mahasiswa banyak kok yg baik2 dan mau berbagi informasi.

    Good luck!

  10. nanik says:

    saya ingin berkenalan. nanik@rouge.plala.or,jp
    saya tinggal di osaka,anak saya pernah belajar ngaji di surabaya,
    kalau mungkin , mau minta tolong diajari (ngaji) melalui skype, agar mereka tidak lupa .
    Terim,a kasih banyak.Yoroshiku onegai shimasu.

  11. arif says:

    Salam kenal mbak Nanik. Ingin sekali saya membantu, tapi untuk saat2 ini hingga april tahun depan kayaknya saya masih kelimpungan mengatur waktu. Mudah2an nanti Allah memberi kelowongan waktu, amin.

  12. nanik says:

    Terima kasih banyak. Ya, siapa tahu? ALLAH maha Besar…

  13. Hehehe, saya iseng di googling nyari nama saya. Maklum, saya narsis. Eh ndak tahunya, ada orang yang namanya serupa.

    Salam kenal Mas Arif. Yang (namanya) serupa tapi tak sama. Hehehe.

  14. arif says:

    Salam kenal juga, mas Arif. Sorry ya, saya duluan ngambil domain name-nya 🙂
    Saya pernah baca2 tulisan mas Arif di blognya, bagus2 ya.
    Selamat berkarya.

  15. vinie says:

    Assalamualaikum…
    Selamat ya mas Arif, blog dan website anaknegrinya bagus sekali. InsyaAllah sangat2 bermanfaat. Salut sama mas Arif, baca dari perjalanan hidupnya. majime na hito desu ne….sugoi! mudah2an dilancarkan sgl urusan o Allah SWT.
    oya, btw, saya jisshusei di Hamamatsu. mumpung disini, gmn menurut mas Arif kalo kenshuusei seluruh Jepang buat wadah sendiri, ya kurang lebih seperti PPI. Mungkin dlm satu wadah ini, nantinya bisa lebih terbuka..selain juga menjalin silaturahmi sesama saudara sebangsa setanah air. atau mas, kenapa mas Arif gak bikin Friendster, especially 4 kenshuusei Jepang juga aja?hehe….saya tunggu yaaaaa.
    ok, segitu dulu dari saya….terima kasih banyak

    wass.
    vinie

  16. arif hidayatulloh says:

    ass, mo nanya nih, kalo dari kenshusei mau kuliah nunggu visanya sulit gak, dulu mas arif pulang dulu gak? terus mulai daftar kuliah dimna? dijepang ato di indo?thanks atas jawabannya.wassalam

  17. bakri says:

    sori teman dulu saya pernah minta blangko kekurangan nengkin . berkasnya sama sekali nggak lengkap hanya paspor dan ktp yang sekarang. mungkin blangko pengembalian nenkin pokok ada di indonesia dan kalau pulang nanti saya cari lalu kirim lagi pak . maaf yang sebesar besarnya. saya juga tertarik baca blog nya dan sukses untuk anda dari saya yang satu angkatan

  18. arif says:

    Mbak Vini :
    Untuk wadah kenshusei sebenarnya sudah ada IPTIJ (Ikatan Persaudaraan Trainee Indonesia-Jepang), hanya saja memang belum terlalu terorganisir. Untuk wadah online, di website anaknegri sudah ada fasilitas chatting, walupun masih sederhana.

    Mas Arif Hidayatulloh :
    Urus visa ndak lama, hanya 3 hari. Dulu saya pulang dulu sebelum kembali daftar ujian universitas di Jepang. Untuk bisa daftar ujian universitas harus punya nilai EJU yg memenuhi persyaratan dari universitas.

    Mas Bakri :
    Salam sukses juga buat anda. Tapi saya bingung baca pesan anda 🙂

  19. Nina says:

    Hi Mas Arif,
    Saya kebetulan mampir diwebsite mas… wah websitenya bagus sekali. Saat ini kami sekeluarga sedang dlm transisi pindah ke Kobe. Kami akan tiba di Kobe hari Senin tgl 29 Okt. Mas Arif tau gak perkumpulan org2 Indo di Kobe/Osaka area? Tolong saya dikasih tau dong, biar saya tidak kesepian disana. Nuwun sebelumnya.

  20. arif says:

    Salam kenal mbak Nina. Untuk teman2 di Kobe silakan buka website PPI Kobe http://ppi-kobe.org atau untuk forum yg lebih luas silakan buka http://anaknegri.com

    Selamat datang ke Kobe 🙂

  21. sulaiman says:

    Assalamualaikum wr.wb.salam kenal.Hebat satu kata yang paling patut buat Mas Arif.Mas Arif tolong bantu saya ya.saya seorang kenshusei(22),di jepang dah 2 tahun,lulusan saya terakhir sebelum ke jepang hanya sebatas STM,tapi rasanya pingiiiin bangeeet setelah program selesai,kembali kejepang untuk kuliah,tolong Mas saya dikasih tahu bagaimana caranya.Semoga Allah memberikan kemudahan dan kemantapan dalam setiap perjalanan,dan Allah berikan pahala bagi seorang mukmin yang membantu mukmin lainya yang sedang dalam keadaan tak berdaya.

  22. BAYU says:

    MAS ARIF, SUKSES SLALU BUAT SAUDARA, SEMOGA CITA2 TERCAPAI. SALAM KENAL DRKU, AKU UDAH HAMPIR SETAHUN DIJEPANG BARU SEKARANG TAU MAS ARIF, AKU DI IHI AIOI PEMBUATAN BOIRA, DEKET BGT DENGAN MAS ARIF KL JD PINDAH KE HIMEJI, TOLONG KASIH TAU ALAMTNYA YA, SIAPA TAU AKU BS MAIN KESITU, DAN TIDAK MENUTUP KEMUNGKINAN MAS ARIF JG BOLEH MAIN KETEMPATKU, DEKET IHI AMTEK KOK.

  23. mas arif mudah2 an pa yg mas arif cita2 kan bs terwujud (amin).
    mas gmn cranya bs tinggal dijpan lama ttapi ga kuliah/ga kawin dgn orang jpan tlong mas kasih jalan yg enak.makasih wasalam

  24. arif says:

    >> Mas Sulaiman
    Tulisan tentang petunjuk bagaimana caranya bisa kuliah sedang saya buat dan mudah2an bisa beres sebelum akhir tahun ini. Nanti akan saya posting, atau minimal link ke artikelnya.

    >> Mas Bayu
    Makasih atas doanya. Klo sudah pindah ke Himeji bolehlah kita kongkow2

    >> Mas Yuli
    Tidak ada jalan yang enak untuk hidup enak 🙂
    Kalau hidupnya ingin enak biasanya cara untuk mencapainya itu tidak enak karena harus kerja keras atau belajar keras. Ganbatte kudasai….

  25. dwi antoro says:

    assalammu’alaikum wr.wb. salam kenal dari saya.mas arif,saya mau tanya masalah tinggal di japan.apa saja syarat mutlak untuk bisa tinggal di japan,dan bagai mana cara ke pengurusannya?mohon di jelaskan.
    trimakasih banyak sebelumnya….
    wassalammu’alaikum wr.wb.

  26. maddox says:

    ass kanda, ana angkatan 99 fi ma”had so sy dapat jaki setahun… senang rasanya melihat kanda bisa berhasil n bisa seperti sekarang. mungkin kanda bisa berikan petunjuk gimana caranya dapet visa ke jepang?soalx keluarga angkat adek saya manggil tuk hadiri pernikahan anaknya. adek saya dulu pernah ikutan pertukaran pelajar ke jepang sekitar tahun 2001-2002. salam hangat n doa teriring tuk kanda…..

  27. arif says:

    >> mas Dwi Antoro

    untuk urusan visa, silakan cari2 di websitenya Kedubes Jepang.

    >> de Maddox

    Kaifa halukum ya akhi. Ma ismukum? Maddox? Maa sami’tu haakazal ism. Untuk visa ke Jepang, coba cari2 infonya di website kedubes Jepang di Jakarta. Atau langsung telpon ke Konjen Jepang di jl. Sudirman.

  28. Ass wr wb,
    Makin ganteng aja Oom yang satu ini hehehe…
    Perjalanan yang tidak kenal lelah …
    Kirain sudah jadi bos di TELKOM, tahunya…
    Sukses untuk semunya…

    Syamsul
    ma’had 91-97 kuliah di Yk, kuli di Jkt

  29. vie says:

    Assalamualaikum, wr.wb. Lam kenal mas arif, keren juga perjalanan hidupnya y.salut deh buat anda…btw lagi skripsi tentang kensushei di Japan yah? wah sama donk, saya juga lagi nulis ttg pemagang ke Jepang. hanya bedanya anda melihat kenshushei dari daerah tujuan mereka sementara saya dari daerah asal mereka. Sehingga saya melihat kontribusi mereka lewat remittan dan dampak ekonomi rumah tangganya, juga setelah mereka kembali ke tanah air..Wah seperti nya saya juga harus banyak menimba ilmu dengan anda nih. ok mas arif sukses buat anda, mungkin kita bisa saling tukar informasi

  30. arif says:

    Salam kenal kembali mbak Vie.
    Ilmu saya sangat terbatas dan mungkin tidak akan bermanfaat kalaupun saya sharing, saya justru tertarik untuk mendengar lebih banyak tentang penelitian mbak Vie. Ditunggu sharingnya ya…

  31. arif says:

    Adek Syamsul, kaefa haluka cess? saya lihat di alamat email nama perusahaan besar, berarti kulinya yg kelas atas kayaknya ini 🙂 Saya juga insya Allah 3 bulan lagi akan jadi kuli juga di negeri orang.
    Limadza blog lakum taman baca? lakum dzalika?

  32. aswar says:

    Luar biasa. Semoga sukses selalu Kanda.Ada Fikri dengan Rizal Ibrahim ( 90-96) di sana, tapi sy kurang tau juga di kota mana dia.NAnti klo ada info sy dapat, sy kirimkan ki’. Ok?

  33. arif says:

    Akh Aswar,
    Fikri sering jaka’ kontak2. Kuliahnya sudah selesaimi tapi katax istrinya yg lanjut jadi dia menunggui istri dulu selesai baru pulang bedeng. Klo Rizal Ibrahim pernahka dikasi tahu Fikri bhw Rizal ada di Jepun sini tapi sy sendiri blm pernah ketemu atau kontak langsung.

  34. Alhamdulillah kabar baik,
    ini blog saya yang terbaru http://www.tamanbaca.multiply.com.
    Kebetulan saya sama mantan pacar alias istri hehehe… sedang merintis taman baca ini sejak tahun 2006,
    menuju impian bebas finansial … halah…

    Kang Arif, untuk di Jakarta tempat kursus bahasa Jepun dan persiapan magang ke jepun yang bagus dimana ya, kira2 biayanya berapa ??? Soalnya ada sodara juga minat.

    Sukran,
    Syamsul 9197

  35. PUDE says:

    Alhamdulillah perjuangannya sangat gigih, ana bangga sahibon. Al-an ana fi sorong ma icholl ichi. Selamat dan sukses di negari orang. Jadi kuli pun tak apa asal pake dasi AAAAAAAAAAAAAAAA
    salam untuk istri dan sepasang anak yang lucu,,,,,,,

  36. arif says:

    ‘tuk Samsul :

    Untuk ikut magang cari saja kursus bahasa Jepang yg didirikan oleh mantan kenshusei, tapi ndak usah yg pake persiapan magang karena persiapannya bisa dilakukan sendiri. Coba kumpulkan dulu informasi di Depnaker. Trus, daripada di Jakarta, lebih baik cari yg sekitar Bekasi.

    ‘tuk Pude :

    Wedede….lama sekali ndak jumpa cess, dengar2 sudah jadi pengusaha sukses di Sorong cess? katanya antum nikah sama adeknya Hilmi? hehehehe…ternyata adek teman juga jodohnya 🙂
    Kaefa kabarnya Icol Idris? Adzunnu huwa ma’a zaujah fi Majalengka? Raja’a ila Sorong? Madza ya’mal al aan? Balligh salaamuna ila Icol wa ahlihi.

  37. Natascha says:

    Assalamualaikum, salam kenal Mas Arif.
    Saya mengunjungi website mas dari anaknegri.com
    Saya sedang sangat concern dengan beberapa produk makanan di Jepang, karena beberapa kali saya mengecek dan sulit menemukan produk roti yang aman dikonsumsi. Saya tinggal di Sendai, Miyagi ken.

    Namun beberapa produk yang mas konfirmasikan kehalalannya adalah produk yang ada di sini juga, kalau tidak keberatan, saya ingin tahu kira-kira produksi misal, Yamazaki Pan di Kansai dan di Tohoku menggunakan bahan yang sama atau tidak? Apakah mas sempat mendapat info ini ketika menghubungi pihak Yamazaki?

    Saya akan link website anak negeri dan mungkin mengutip beberapa isinya yang berkaitan dengan laporan halal-haram untuk diinformasikan pada muslim Sendai.

    Terima kasih banyak
    Wassalam

  38. arif says:

    Walaikumsalam wr wb,
    Salam kenal kembali mbak Natascha.
    Posting ini saya pindahkan ke forum anaknegri ya ( http://forum.anaknegeri.com ) soalnya website ini hanya untuk blog. Kalau di forum anaknegri lebih banyak yg baca dan bisa memanfaatkan informasinya.

  39. yuyi says:

    ass..saya jadi sedikit lebih kenal daeng yg membantu kalo kami mudik. terima kasih. btw, dari pesantren IMMIM ki. naruhodo. pernyataan “ternyata teman2 di PPI tidak begitu banyak yang berminat dengan masalah2 teman-teman kenshusei” tdk berlaku untuk semua anggota PPI loh..

  40. Ahmad Jupry says:

    Assalamualaikum.. Salam kenal Mas ,,saya Ahmad exs kenshusei.. sekarang di indonesia.. saya pengen kuliah di jepang Bagaimana caranya yaa… boleh dong kasih pengalamanya … kan sama-sama mulai dari kenshusei…. cos saya pernah coba waktu kenshusei di jepang melalui Nihong go gakko dulu tapi katanya masalah visa susah karena eks kenshusei jadi harus pulang ke indonesia (kata kepala sekolah nihong go gakko ) jadi ya kandas ….. tolong kasih informasinya aku pengen kuiah di jepun…….

  41. agus nugroho says:

    Salam kenal mas Arif,

    Saya agus nugroho, sedang sekolah di Perth Australia. Saya akan konference ke Kobe Gakuin Uni 27 – 1 Maret. Saya tolong info budget hotel yang dekat dengan kobe gakuin Uni dan Masjid mohon infrmasinya?

    Wasal-Agus

  42. faizal says:

    assalamualaikum
    semoga sehat selalu mas arif sekeluarga…

    saya pengen nyari info tentang “tsushin kyouiku” ?
    saya gogling tp dapet cuman blog nya aj..atow saya salah ngartiin kanjinya y hehehehe…

    terima kasih sebelumnya

  43. encep ilham says:

    assalamualaikum,
    mas arif masih kenal sama saya,,dulu sekitar bln okt 07 pernah bertemu di masjid kobe abis sholat jumat, waktu itu saya sempat bertanya kiat2 utk mengikuti ujian bh jepang level 2,alhamdulilah ujian bh jepangnya lancar tp hasilnya kurang memuaskan hasil ujian saya kurang 9% utk mencapai kelulusan,
    sebelumnya saya mohon maaf sama mas arif, ingin meminta nasihatnya dan kiat2 supaya saya tidak patah arang dan bagaimana cara belajar yg baik menurut mas arif?
    karena cita2 saya di tahun 2008 ini saya ingin lulus level 2.
    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
    jazzakallahu
    Encep ilham

  44. nana says:

    mas kursus eksim nya yg setahun tapi bisa diambil hanya 6 bulan dimana ya mas?di ppei bukan karena saya ingin kursus ekpor impor yang paling bagus tapi murah 😀
    thx b4

  45. Pranyoto says:

    Assalamualaikum wr.wb

    Salam kenal mas Arif saya skrg msh bekerja di perusahaan Honda PMA langsung dr Honda Motor Jpn, usia sy 35th pendidikan terakhir S I manajemen, sy sangat berniat u/ bs melanjutkan S II di jpn krn u/ meningkatkan kemampuan sy baik skill maupun bahasa, sy ingin berhubungan langsung dg mas Arif baik melalui email maupun telp kl tdk keberatan, krn anda termasuk anak IMM yg paling berhasil menurut kacamata sy stlh membaca beberapa tulisan anda di website ini… saya tunggu kabarnya apakah masih ada kesempatan u/ orang spt saya bs sekolah bhs jepang & langsung melanjutkan ke S II, terimakasih atas perhatiannya… sukses terus

  46. yusuf affandi says:

    Sumimasen…….
    Bisa minta email or some think gitu?
    Saya jga planing jd kenshusei, yg skrng lagi pelatihan…!!
    Tapi saya jg pengen punya gambaran tentang education di Nihong..!!
    Saya juga ingin, tidak sekedar bekerja saja di Nihong….
    Mohon bantuanya……………..
    by: yusuf affandi e-mail: u_cups@yahoo.co.id
    arigato….

  47. Faisal Akib says:

    Ass. Sahibon. Ana ada rencana mau studi abroad. Salah satu target Insya Allah Jepang untuk bidang IT. Alamat e-mail dulue… ada babarapa yang saya mau tanya?

    Syukran

  48. arif says:

    Bung Faisal Akib >>
    Saya sudah kirim email itu cess, silakan di-reply.

    Mas Yusuf Affandi >>
    Untuk komunikasi, konsultasi, atau tanya2 silakan buka http://forum.anaknegri.com

    Mas Pranyoto >>
    Kesempatan selalu ada, pertanyaannya adalah apakah mau mencari dan menjalani langkah2 yg diperlukan. Silakan gunakan http://forum.anaknegri.com untuk bertukar informasi.

    Nana-san >>
    Saya dulu kursusnya di Jakarta College di daerah Mampang Prapatan.

  49. ono.sarno says:

    assalamuallaium wr.wb

    mas…saya mau gabung gemana caranya yah..?

  50. rico jayanuta says:

    assalamualaikum, wrwb! sehat? keluarga sehat? mudah2xhan ingat saya yang dr palembang angkatan lembang 91 ini. dimandom jpn sekarang, saya pernah di mandom indonesia tbk 1 thn(2003) tapi keluar/mengundurkan diri(padahal udah jadi kepala produksi membawahi 250 pegawai) krn gak sepaham sama indo dan nihonjinnya di sana sbb mandom disana menurut saya jauh sekali dari kesan tbk dan kesan sebagai perusahaan joinan jepang gak tau sekarang, mental nihon jinnya udah kyk indojin, kelamaan di indo kali! kalau dikasih kesempatan untuk join di mandom jepang mungkin saya bisa merubah kekurangan dari mandom indonesia, mudah-mudahan mas arief dpt kesempatan berkunjung ke mandom indo yg disunter bukan di mm 2000 bekasi. coba deh kasih masukan buat mereka apalagi mandom prsh kosmetik, kebersihan dan kerapian adalah segalanya. sukses buat mas arief semoga allah selalu melindungi dan memberikan kesehatan buat mas arief dan keluarga

  51. subarashi desu nee
    Pengalaman anda sungguh luar biasa sebagai seorang Makassar asli! semoga ini menjadi tantangan bagi saya sebagai mantan kenshusei yang akan menuju keberhasilan seperti anda… semoga

  52. shalih ale says:

    hai kanda aq juga anak immim,
    aq bangga melihat kisah hidup kakak yang begitu berliku namun berujung dengan kesuksesan
    aq mau tarik munder kisah kakak waktu di mahhad tercinta
    kak se angkatan dengan ustaz aslan ya…..
    dan ka muhamma diah…..
    wah angkatan kaka memeang hebat2
    bisa di kata angkatan sukses

  53. arif says:

    >> Mas Rico
    Ternyata mas Rico ini mantan pegawai Mandom Indonesia ya, sayang sekali karena Mandom Indonesia kehilangan orang seperti mas Rico ini. Itulah mungkin dinamika kerja, tidak semua orang yang kita temani bekerja bisa sejalan pikiran dan prinsipnya dengan kita. Kalau tentang ke-tbk-an Mandom Indonesia, Mandom Jepang memang tetap pemegang saham terbesar sehingga wajar saja kalau kendali perusahaan tetap dipegang oleh nihon-jin. Oya, kalau nihon-jin yg ada di Mandom Indonesia sudah seperti orang Indonesia, itu mungkin karena mereka rata2 sudah lama tinggal di Indonesia sehingga ketularan budaya negatif kita. Mudah2an pengalaman mas Rico bisa saya jadikan referensi kalau nanti ditugaskan di Indonesia.

    >> Mas Donny
    “Success is journey” demikian sebuah kalimat yg dulu sering saya dengar sewaktu masih mondok di pesantren. Kita semua sebenarnya sedang berada dalam kondisi sukses karena kita sedang meniti perjalanan menuju kesuksesan itu sendiri, walaupun mungkin dalam skala yang berbeda. Ganbarimashou…

    >> Adek Shalih
    Saya seangkatan dengan Aslam, Faisal Akib, Sandy, Ardi, dll (saya sebut yg mungkin Shalih kenal). Kalau kak Muhammadiyah, beliau adalah guru saya, bukan seangkatan dengan saya. Kak Muhammadiyah itu seangkatan dengan kak Taufan. Kalau yang sukses di angkatan saya banyak, selain 4 orang yg saya sebut di atas masih banyak teman2 yg alhamdulillah bisa menjadi orang yang bermanfaat buat masyarakat. Kalau saya sendiri baru belajar untuk bermanfaat buat orang sekitar saya dulu.
    Salam kenal dan terima kasih atas kunjungannya.

  54. anas says:

    Ass, Bpk Arif, saya anas, tamatan stm listrik 1998 dan tidak melanjutkannya ke universitas karna faktor biaya, tamat sekolah saya nganggur 2 tahun ,stlah itu saya bekerja di perusahan jepang PT. Nagai Plastik Indonesia yang berada di cikarang ejip Bekasi, dari perusahaan ini sya pernah di kirim ke PT Nagai Pusat Yang Berada di ueda kokubu she Nagano Japan selama 6 bulan saja terhitung bulan april 2003 sampai oktober 2003, skarang sudah 2 tahun menganggur, saya minta bantuannya agar pak arif agar bisa mengirim saya ke jepang lagi. insya Allah saya orang yang amanah dalam hal apapun.

  55. nico says:

    ass.mas arif..??

    hajimemasite..watashi wa nico tomoshimasu..
    fujiyama gakkoono gakusei desu..
    dozo yorosiku onegaiitashimasu.. hee”,,,

    sry y mas..klo tulisany & tata bhsanya krang meyakinkan..

    oy mas arif nico mo tanya..???’
    -skrangkan Q lg kuL sStra jepang d SLah atu UNV.dsolo..Programnya Cma 1thun..
    shbis it ada seleksi magang k jpg,tp yang Q bingungin & yang ingin Q tanyain..
    -kan dkampusQ ktanya SenSEi.. sblum 1thn / sblum smster 2 klo g slah..
    ktanya..klo ada sblum itu(yg d ats) dah lumayan lancar brbiCrany..sm tgkah lakunya baik..
    itu akan d plih n m,suk sleksi..
    jd,untk aQ persiapanya gmn mas..???’
    -spaya aQ lancar NihonGo..??

  56. nico says:

    -trus apa aja mas,yang hrus lbh aq giatin dLm bljar..???
    -mat aqkan mines mas, jd mau g mau hrs Lwat swasta..
    -intinya si mas..aq jga ingin raih beasiswa..entah biaya hdup dsana..
    atau study dsana..??’
    heE..=)sblumnya..
    shitsurei shimasu..=D

    mhon saran ya mas..??’

  57. Assalamu’alaikum wr wb

    Yth. Mas Arief Kurniawan
    Perkenalkan saya Firman Wibowo, General Manager BNI Tokyo. Senang sekali saya bisa bergabung dengan forum diskusi di anaknegeri.com. Salut buat anda yang masih menyempatkan diri menyediakan wadah informasi dan komunikasi untuk warga Indonesia di Jepang.

    Seandainya mas Arief ada waktu, mungkin kita bisa berdiskusi lebih jauh mengenai apa yang mungkin BNI Tokyo bisa lakukan untuk melayani warga Indonesia di Jepang pada umumnya atau rekan-rekan Kenshusei khususnya, disamping layanan-layanan yang selama ini telah kami berikan.

    Wass. Wr Wb

    Firman Wibowo
    gm@ptbni.co.jp

  58. arif says:

    Mas Anas >>

    Sayang sekali saya tidak berafiliasi sama sekali dengan yayasan/perusahaan yang bisa mengirim kenshusei ke Jepang.

    Mas Nico >>

    Untuk info beasiswa silakan rujuk ke website JASSO ( http://jasso.or.jp )

    Pak Firman >>

    Wah, saya merasa tersanjung karena blog/website saya dikunjungi oleh orang sekaliber pak Firman. Di acara PWEP tanggal 26 Oktober di Kobe nanti insya Allah saya ikutan bantu2 panitia, nanti mungkin bisa ngobrol lebih banyak. Atau kalau ingin mendengar langsung pendapat dari teman2 kenshusei/pekerja di Jepang maka di forum anaknegri ( http://forum.anaknegeri.com ) juga bisa menjadi wadah komunikasi.
    Ganbarimashou.

  59. farida says:

    Salam,
    Perkenalkan nama saya Farida. Saya bangga jadi salah satu temen mas Arif. Sekarang mas Arif di Mandom Cibitung bukan, kalau iya kita tetanggaan. Btw, saya lagi kuliah Pasca sarjana mau buat tesis tentang Kenshusei, aku rencana mau ketemu mas Arif untuk interview gitu. Boleh ngak mas Arif? Salam untuk m Dewi, Aisha, dan Adnan.

  60. arif says:

    Salam kenal kembali mbak Farida, saya juga senang sekali bisa dianggap teman oleh mbak Farida. Saya kerja di Mandom pusat Jepang bukan di Cibitung, kalau mau datang interview silakan saja, tapi pakai biaya sendiri ya 🙂
    Kalau untuk cari data buat bahan tesis, coba pergunakan forum anaknegri ( http://forum.anaknegri.com ), di situ banyak teman2 kenshusei dan mantan kenshusei yang ikut gabung.

  61. Achy says:

    Ass,O gengki desuka Arif san,mat kenal saya adalah mantan kensusei dan ilegal di jepang,sekarang sudah di jakarta,ada kerja sama yg ingin saya tawarkan,jika berkenan mohon alamat mailnya

  62. yadi says:

    ass.hello ketua senat angkatan 89.rasanya belum lama kita di sana.aku yadi angkatan dari jogya.gimana sehat kah???aku sekarang kerja di jkt tepatnya pers jepang .posisi chief engginer.tapi lama-lama bosan juga di perintah melulu sama orang2 jepang.malah mikir pingin nyangkul saja di kampung lebih damai.gimana mas arif?????apa mas arif mau bantu saya kerja di tempat mas.saya sih ok2 saja!!!

  63. toto sugiarto says:

    Assalamualaikum Mas Arif Kebetulan sekarang saya tinggal di fukui dan pernah juga saya dengar cerita tentang Mas Arif dari orang2 di Masjid Fukui yaitu Bapak Nasrulloh dari Aceh tapi sekarang beliau sudah pulang ke Indonesia .Ok dech salut buat Mas Arif dan Salam Ukhuwah Wassalam

  64. toto sugiarto says:

    btw dlu angkatan brp mas?trs nama kaisha nya apa? klo saya angkatan 163 Lembang saya dari jateng dan taun 2009 bln sept insyaalloh abis kontrak thn kmrn saya jg ikut tampil di FIA dalam festival international dengan tari SAMAN {Aceh}

  65. Ahmad Yazid says:

    Assalamu’alaikum..mas, salam kenal. Saya baerniat mendaftar kenshusei taun 2009, Tapi ada keraguan dlm diri sy. Apakah kenshusei bisa beribadah dengan nyaman, terutama shalat Jum’at. Saya bingung dengan masalah ini, kl tidak bisa yaa saya tidak jadi mendaftar.. terima kasih

  66. arif says:

    # Achy menulis,
    Ass,O gengki desuka Arif san,mat kenal saya adalah mantan kensusei dan ilegal di jepang,sekarang sudah di jakarta,ada kerja sama yg ingin saya tawarkan,jika berkenan mohon alamat mailnya

    Salam kenal mas Achy, terima kasih atas atensinya tapi saya tampaknya belum tertarik apa-apa karena cukup sibuk dengan pekerjaan yg sekarang.

    # yadi menulis,
    ass.hello ketua senat angkatan 89.rasanya belum lama kita di sana.aku yadi angkatan dari jogya.gimana sehat kah???aku sekarang kerja di jkt tepatnya pers jepang .posisi chief engginer.tapi lama-lama bosan juga di perintah melulu sama orang2 jepang.malah mikir pingin nyangkul saja di kampung lebih damai.gimana mas arif?????apa mas arif mau bantu saya kerja di tempat mas.saya sih ok2 saja!!!

    Wah hebat mas Yadi ini, posisi sudah jadi Chief Engineer, itu adalah hal yg patut disyukuri. Kalo masalah diperintah-perintah, itu tergantung dari sisi mana mas Yadi melihat, namanya bekerja dalam tim pasti ada yg di atas dan ada yg dibawah sehingga tentu saja butuh komando dan pertukaran informasi antara yg atas dan bawah, sebagai anggota tim kita pasti harus menerima perintah dan memberi perintah. Itulah yg namanya team work, mas. Kalau ingin bekerja tanpa diperintah silakan buka usaha sendiri 🙂

    # toto sugiarto menulis,
    Assalamualaikum Mas Arif Kebetulan sekarang saya tinggal di fukui dan pernah juga saya dengar cerita tentang Mas Arif dari orang2 di Masjid Fukui yaitu Bapak Nasrulloh dari Aceh tapi sekarang beliau sudah pulang ke Indonesia .Ok dech salut buat Mas Arif dan Salam Ukhuwah

    btw dlu angkatan brp mas?trs nama kaisha nya apa? klo saya angkatan 163 Lembang saya dari jateng dan taun 2009 bln sept insyaalloh abis kontrak thn kmrn saya jg ikut tampil di FIA dalam festival international dengan tari SAMAN {Aceh}
    Salam kenal kembali mas Toto, jawabannya sudah saya kirim via PM ke akaun mas Toto di anaknegeri.com

    # Ahmad Yazid menulis,
    Assalamualaikum..mas, salam kenal. Saya baerniat mendaftar kenshusei taun 2009, Tapi ada keraguan dlm diri sy. Apakah kenshusei bisa beribadah dengan nyaman, terutama shalat Jumat. Saya bingung dengan masalah ini, kl tidak bisa yaa saya tidak jadi mendaftar.. terima kasih

    Waalaikumsalam wr wb,
    Tidak semua kenshusei bisa beribadah dengan nyaman, malah kebanyakan tidak bisa. Semua itu tergantung pada kita bagaimana melakukan pendekatan kepada pihak perusahaan untuk menciptakan kesempatan beribadah. Dulu, saya sendiri baru bisa sholat jumat setelah di tahun pertama akhir saya berhasil menego supaya saya kerja malam sehingga siangnya bisa sholat dan belajar.
    Silakan tukar pikiran di forum anaknegeri.com atau ikutan grup NIPPON DAISUKI di website itu untuk bertanya kepada teman2 kenshusei yg lain.

  67. herdinal faisal says:

    onichan…yoroshiku onegaishimasu… saya faisal kak… saya juga mantan kenshusei kak.. tapi saya bukan dari IMMIM kak.. saya ingin berkenalan dengan kakak… saya salut dengan perjalanan hidup kakak.. saya ingin belajar dengan kakak… dan saya juga ingin kembali ke jepang kak…

  68. Hanna says:

    アリフさんどうぞよろしくお願いします。また、読ませてください。

  69. sri sondari says:

    wah saya sangat salut dengan keuletan dan kerja kerasnya …saya acungi jempol deh.

  70. asslkm wr wb..mas perjalanan hidup mas arif bener2 hebat <tolong bimbing ya mas..heheh…mas arief salam kenal ya..saya masih kerja di jepang di fukuyama chuzo sebgai kenshusei,insya alloh 2010 akhir abis kontak,,MUDAH2AN DNGN KENAL NYA MAS ARIF BERGUNA DIKEMUDIAN HARI..amiin..

  71. arif says:

    @Sri : salam kenal mbak Sri. Mari kita kerja keras selagi masih bisa 🙂
    @Arief Rohmat : Salam kenal mas Arief, Fukuyama Chuuzo di Kyoto ya? Klo nggak salah ingat dulu teman seangkatan saya ada yg kerja di situ. Saya angkatan 89 (Ags 2000 s/d Ags 2003). Shigoto ganbatte ne…

  72. eka kusrtiana says:

    mas arif met kenal…
    mas hebat juga yah perjalanan karirnya.. salut dech atas sgala prjuangannya… smoga sukses slalu … amien . salam buat keluarga semua.. khususnya buat teh dewi.. salam dari keluarga di baros – cimahi..

  73. shida says:

    daeng arif selamat kenal, dari hari kehari bulan berganti hingga akhirnya sudah bertahun2 mengikuti dan membuka2 www anaknegri. hingga pengen kenal dan ketemu ama pak arif yang sebagai pengelolah utama website ini. menurut aku website ini sangat membantu para pengejar yen, dan yang pengen menimbah menambah pengalan di negri sakura ini, menurut aku pak arif salah satu dari sekian org kita yang terhitung sukses meniti hidup di negri ini, tarimakasih daeng,, sebenarnya posisi pak arif sekarang dimana ya apa dah di indo apa masi di jepang, pada salama.

    • arif says:

      salam kenal shida-san,
      Saya bermukim di daerah Kansai dan kerja di Osaka. Terima kasih atas kesetiannya mengunjungi anaknegeri.com mudah2an kami bisa memberi manfaat lebih banyak buat masyarakat, walaupun itu cuma lewat dunia maya. Kami tunggu partisipasi dari shida-san juga.
      Wassalam.

  74. nandar yahya says:

    Assalamualikum.Salam kenal sebelumnya bang Arif. perkenenkan saya Nandar yahya mantan kensusei tahun 1997s/d 2000 dari banda aceh.sekarang kita lagi mengodok bimbingan pra seleksi magang ke jepang di LPK Bina Kensu Aceh.kebetulan saya ketuanya.saya sudah lama mengenal mengetahui tetang bang Arif.sesuai dengan nama nya arif mengurusi nengkin mantan kensusei.dan cukup banyak yang orang yang membaca situs saudara karana memang cukup membantu bagi anak2 negri kita yang mantan dan yang membutuhkan informasi jepang.Ohh ya bang saya mohon shering tentang penyedia atau perusahaan jepang yang menerima para pemangang indonesia.demikian dulu bang atas atensi nya saya ucapkan terimakasih
    wassalam

  75. arif says:

    Salam kenal kembali mas Nandar.
    Saya sebenarnya sudah 2 tahun lebih tidak mengurusi langsung pengembalian pajak nenkin karena semuanya sudah ditangani oleh sebuah perusahaan yang saya dirikan di Indonesia dan dijalankan oleh adik saya sendiri. Mungkin karena saya yang pertama mengkomersialkan layanan itu makanya nama saya masih sangat melekat 🙂
    Kalau tentang perusahaan penerima pemagang dari Indonesia, sayang sekali saya ndak punya info. Kalau saran saya, coba kontak ke ?? (persatuan industri) karena biasanya mereka memiliki anggota UKM2 yg mungkin butuh pemagang Indonesia. Silakan googling di internet karena ada banyak data yang tersedia dan bisa dikontak. Yang mungkin bermasalah adalah bahasanya. Ganbatte kudasai.

  76. iswandi says:

    assalamualaikum wr wb..
    bagaimana kabarnya mas arif, sudah lama tidak saling kontak.
    semoga tetap sehat meskipun cuaca yang sedang panas.

    saya dapat email dari jepang bahwasanya akan ada wawancara pekerjaan yang akan dilaksanakan minggu depan untuk pabrik baru di indonesia.
    bagaimana kiat-kiat dalam wawancara agar dapat diterima, menyangkut harapan, salary, pekerjaan yg di inginkan dsb.bgmn juga kalau hal tersebut juga dimuat di website, saya rasa sangat bermamfaat buat yang lain juga.

    terima kasih atas bantuannya.
    wassalam

    iswandi

  77. Arif says:

    Salam kenal mas Arif, sy mantan kenshusei angkatan 77. Bisa bantu saya untuk referensi perusahaan Jepang. Onegai ne.

  78. rendy sofyandy says:

    Aslm…Salam kenal mas arif,saya rendy sofyandy anak asli kab.lebak-prov. banten…setelah membaca kisah hidup mas di atas saya merasa banyak belajar tentang semangat untuk meraih mimpi,karena sejujurnya apa yg telah mas alami ingin pula saya alami sebab cita2 saya juga ingin sekali bisa kuliah di Jepang…saat ini memang saya tengah kuliah S1 di salah satu universitas negeri di banten dan berencana ingin sekali untuk coba melanjutkan kuliah di jepang…hanya saja mungkin saya tidak akan sanggup secara finansial dan sedang mencoba untuk mencari jalan lain yakni dengan beasiswa…bila berkenan saya sangat berharap bimbingan dari mas arif untuk sekedar share dengan saya bagaimana harusnya saya melangkah untuk mencapai impian saya itu…saya2 benar2 sangat senang dan banyak bersyukur jika mas berkenan membantu saya…

    salam kenal dari sang pemimpi

  79. fendi says:

    salam kenal mas arif….
    saya fendi,,,kenshusei di nara ,,,,,saya sangat terkesan dengan mas arif.
    saya juga ingin seperti mas arif,,bisa kuliah di jepang,
    mohon bimbinganya,
    saya sudah lulus test bahasa jepang,level 2..apakah itu bisa dijadikan modal,,untuk meraih mimpi saya..
    mohon bimbinganya

  80. agus waluyo says:

    subhanallah,…anda seorang yang luar biasa..

    • arif says:

      Semua manusia memiliki sisi yang luar biasa, demikian juga anda, karena semua manusia diciptakan Allah memiliki kelebihan yg khas pada dirinya (luar dari biasa => luar biasa). Tugas kita adalah memaksimalkan kelebihan itu. Ganbarimashou!

  81. sabil nag immim says:

    ass….ka’ kishnya bagus skali smoga saya bisa juga mnjadi sperti kakak………….. amin

  82. Muhamad Yani, S.Si says:

    Subhanalloh…….Subarashi Arif Sang…..Hontoni anata no mirae. ……….salam kenal angkatan 57 shiojiri-shi nagano…….toyo no kensushei………

  83. Novi Alfita says:

    Assalamualaikum,,
    pak Arif, saya Novi Alfita dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik jurusan komputasi statistik,,
    Insya Allah saya berniat untuk menulis sebuah thesis tentang pencarian functional dependency dengan menggunakan ontology,,
    kira-kira bapak punya saran g tentang metode yang mungkin saya gunkan..???
    mohon bimbingannya pak,,
    Terima Kasih ^^

    • arif says:

      Waalaikumsalam wr wb,
      kayaknya mbak Novi salah orang negh 🙂
      Saya asumsikan bahwa mbak Novi mau nulis ttg functional dependancy dgn menggunakan metode ontology dalam hubungannya dengan Artificial Intelegency. Saya memang senang utak-atik pemrograman pake PHP, Javascript, dan AJAX. Dan walaupun sempat merancang sistem sederhana AI untuk mengautomatisasi website saya http://anaknegeri.com saya hanya menggunakan logika2 sederhana dgn fungsi2 yg built in di dalam PHP ditambah fungsi2 yg saya kembangkan sendiri untuk mempolakan tingkah pengguna situs saya. Pada dasarnya saya memang ndak begitu suka yg njelimet dan utak-atik program itu juga hanya sekedar hobi, makanya ndak begitu bersemangat belajar teori2 komputasi. Jadi, saya yakin ndak akan bisa membantu mbak Nova.
      Kalau ttg HRD, edukasi pegawai, atau internal audit, maka mungkin sedikit banyak saya bisa diajak bertukar pikiran.
      Ganbatte kudasai.

  84. Assalamualaikum
    Pak Arif…
    saya ingin minta pengetahuan tentang cara tinggal di Jepang.saat ini saya menggunakan Visa “spouse or child of japanese national”.seandainya saya ingin tinggal sendiri, apa visa yang bisa saya pergunakan?
    maaf telah merepotkan.terima kasih banyak

    • arif says:

      Saya bukan ahli visa dan hukum mas Amesh. Tapi logikanya, kalau visa yg dipakai sekarang adalah visa japanese spouse lalu cerai, tentu saja kualifikasi itu akan hilang dengan sendirinya dan mas Amesh harus pulang ke Indonesia. Tapi untuk jelasnya coba tanya ke pengacara atau semacam notaris yg menangani visa.
      Good luck.

  85. nice trip nice live…bless from jepara family..all remember
    call…and visit
    regard
    rahadian / adi

  86. mofa says:

    selamat siang pak arif,
    salam kenal dari kami mofa, kami adalah project music dari surabaya, kami sangat tertarik sekali untuk meliput salah satu website besutan anda yaitu anaknegeri.com untuk kami bahas dan promokan di official site kami, dikarenakan banyak sekali priority (sebutan fans kami) yang berdomisili di luar negri.
    Kami akan sangat senang sekali apabila anda menerima tawaran kami.
    terima kasih dan kami tunggu balasan secepatnya dari pak arif

    mofa management
    web : http://www.mofamusic.com
    email : management@mofamusic.com
    pin blackberry : 2701A555

  87. vikar says:

    asalm…kaifa haluka sahibong,,,ayna anta alaan?lagi nyari jumlah santri n alumni IMMIM malah ketemu ko di sini,,mampir2 ke luluvikar.wordpress.com

  88. nurohman says:

    genki desuka mas arif?nama saya nurohman..masih ingatkah sama saya?saya adalah temen seperjuangan mas arif waktu di cevest bekasi angkatan 89 dari Lampung,saya masih ingat sekali sewaktu mas arif jadi ketua angkatan 89,.mas arif yg mencetuskan ide membuat buku profil angkatan 89 magang ke Jepang.,ganbatte kudasai!

  89. Alfian says:

    Assalamu alaikum ndan. saya alfian seangkatan kelas khusus BPG. apa kabar ? keren-kerenki tulisanta. salam sama keluarga,

  90. Sarah says:

    assalamu’alaikum pak arif. pak saya mau tanya kalau di mandom sunter bisa untuk pkl tidak pak ? jika iya siapa yang harus dihubungi pak ?terimakasih atas perhatiaanya 🙂 .mohon dibalas 🙂

    • Muhammad Arif Kurniawan says:

      Kalau secara institusi di Mandom Indonesia menerima peserta PKL, ngga tahu kalau perorangan. Coba hubungi aja ke nomor tlp 6510061 dan minta sambungkan ke bagian GA.

  91. Yaya Kartwijaya says:

    Asslmkm,Kang Arif.Masih ingat saya nggak murid kesayangan Tatang Sensei.saking sayangnya sering banget di kasih Nafuda Merah.He he heh…

  92. sari says:

    Subhanallah… saya suka membaca blog ini…
    walau blm membaca semua posting pak Arif..
    awalnya saya serch di google mengenai mandom indonesia, dan tdk sngj ktemu blog ini
    saya sangat tertarik dgn jepang, mulai dari bahsanya dan budaya mereka, walaupun pengetahuan saya ttg hal tsb msh sgt minim..
    Sbnarnya hari rabu kemarin saya mendpt email utk interview invitation di mandom indonesia, tp krna sya tidak buka email sehari sblumnya, jd saya tdk tahu … semoga suatu saat nanti saya dberi ksemptan lg utk tes di mandom.. Aminn..

  93. Deliana Hasyim says:

    Assalamu Alaikum mas Arif
    Saya ada rencana berangkat tour bulan april 2014 ( Insya Allah ) ke osaka dengan travel tapi tidak ada route ke kobe padahal saya ingin sekali bisa ke masjid kobe
    jadi saya ingin mas Arief kasih info bagaimana caranya mendapatkan guide yang baik untuk menemanin saya ke masjid kobe karena saya ada city tour di kyoto maksudku setelah makan siang saya tidak ikut rombongan nanti saya nyusul aja langsung ke hotel di osaka
    dan kira2 barapa biaya ke sana dan bayar guide terima kasih

    • Muhammad Arif Kurniawan says:

      Waalaikumsalam wr wb,
      Kalau tentang info guide, cukup mahal kalau orang Jepang karena bisa sampai 7 digit rupiah per hari. Sebenarnya tanpa guide pun berpetualang di sekitar Kobe-Osaka bisa, karena informasi sebagian besar tersedia di internet. Yang penting ada alamatnya maka bisa cari rute kereta, dll.
      Rute ke masjid Kobe :
      Naik kereta hanshin atau hankyu dari stasiun umeda osaka, turun di stasiun sannomiya kobe. Jalan kaki ke arah masjid.
      Paling enak, pakai gps dgn smartphone. Tapi jangan lupa aktifkan paket internet sepuasnya 100rb/hari selama di jepang spy tagihan telpon ngga meledak.
      Have a fun trip!

  94. Assalamualaikum Mas Arif.
    Barangkali berkenan untuk bisa berkomunikasi dengan mas arif. mendengar akan ekspansi pt. SHISHEIDO Cosmetic di Indonesia, sangat senang sekali saya mendengarnya. Kebetulan saat ini perusahaaan kami mensupply produk2 packaging untuk cosmetik ke beberapa perusahaan Besar examp: Loreal, Unilever, Avon, dll. berharap dapat bekerjasama untuk menyuply produknya.

    • Muhammad Arif Kurniawan says:

      Saya di Mandom pak Luthfi, jadi sebenarnya kompetitor Shiseido 🙂 Kalau ingin komunikasi, silakan kirim alamat email, nanti akan saya reply.

  95. surameto sudarumanto says:

    assalamu’alaikum mas arif. salam kenal. saya kepingin sekali ke jepang lagi. apa mas arif bisa bantu? dulu sy pernah tinggal di takasago sbg kensusei.. trmksh mas arif.

  96. adi.widodo says:

    Terima Kasih pak Arif sudah berbagi cerita di blog ini. Dengan adanya blog ini saya menjadi lebih tahu banyak mengenai pengalaman-2 pak Arif yang mungkin bisa saya jadikan pelajaran dalam menjalani hidup ini. Sekali lagi Terima Kasih.

  97. Yaya Kartwijaya says:

    Assalamualaikum Kang gimana Genki ?

    Masih ingat saya nggak teman seangkatan yang selalu di kerjain Tatang Sensei,dulu tempat kenshu nya di daerah Tokyo sama si Feri. saya lagi ada Peroblem keluarga yang ada di jepang bisa bantu ngga ya ?. Masalahnya Adik saya awal bulan besok selesai kenshu 3 tahun dengan penyalur lembaga dari surabaya tp untuk 12 bulan gaji terakhir gajinya tidak di bayarkan oleh pihak perusahaan. Apakah Kang Arief bisa membantu untuk masalah ini ?

    Terimakasih atas Perhatiannya.
    By Yaya Kartawijaya

  98. Muhammad Arif Kurniawan says:

    Waalaikumsalam wr wb,

    Saya sudah di Jakarta, ya. Jadi mungkin ngga bisa bantu.
    Mohon maaf ya.

  99. dodo says:

    Salam kenal mas…

    asik nih baca blog nya.. banyak wawasan..

    Ayo lanjut tulis lagi dong…