Teori 70-10-20

Di sebuah presentasinya pada temu usaha Bank Indonesia sekitar September 2012, Pak Mario Teguh pernah melontarkan teori bahwa ketika sebuah organisasi akan melakukan perubahan, secara garis besar elemen organisasi tersebut akan terbagi 3 yaitu 70% mengamati, 20% antusias, dan 10% akan menghalang-halangi. Teori inilah yang menginspirasi saya melakukan riset kecil-kecilan terhadap kondisi organisasi tempat perusahaan saya bekerja dan kemudian merumuskan teori 70-10-20 versi saya ini.
Setelah pengamatan beberapa waktu, saya mendapatkan pola yang mirip bahwa ketika sebuah organisasi menghadapi masalah, elemen organisasi itu cenderung terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

1. KELOMPOK 70% : APATIS, MENUNGGU, ATAU MENGAMATI
Secara alami, manusia cenderung untuk menjaga status quo karena tidak perlu melakukan usaha apa pun. Proporsi karyawan jenis ini biasanya yang terbanyak yaitu sekitar 70% karena merupakan posisi paling aman dan nyaman. No risk, no effort to take. Secara alami dan manusiawi, karyawan cenderung memilih posisi ini.

2. KELOMPOK 10% : KOMENTATOR
Di posisi kedua yang proporsinya sekitar 10% ini biasanya berisi orang-orang kritis, nekat, berani bersuara, tapi belum tahu bagaimana berbuat atau mungkin malah hanya bisa NATO (No Action, Talk Only). Berita buruknya adalah, orang-orang di kelompok ini kalau tidak difasilitasi maka hanya akan menjadi tukang kritik, tukang mengeluh, dan justru melemahkan esprit de corps dan jika dibiarkan maka ketika energinya habis atau

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.