Periode 3

Ada sebuah teori yang disebut teori 3 yg menyebutkan bahwa manusia cenderung untuk melakukan pembaruan atau bertahan pada keadaannya pada setiap periode 3, misalnya sering dikatakan bahwa untuk melihat watak asli seseorang maka dibutuhkan waktu 3 hari bersama. Masa pertumbuhan otak anak-anak, konon hingga usia 3 tahun. Katanya, dibutuhkan 3 bulan untuk bisa mengubah kebiasaan seorang manusia. Dan lain-lain yang memiliki periode 3.

Masa kerja saya hampir melewati 3 tahun dan efek 3 ini mulai terasa. Kejenuhan dengan kehidupan di Jepang yang memasuki tahun ke-11 juga mungkin salah satu penyebab hal ini. Selain itu, masa 3 tahun bekerja di bagian yang boleh dikata merupakan isi dalam perusahaan, mulai menyebabkan kemuakan akan keadaan yang ada. Padahal, saya yakin semua perusahaan pasti memiliki kekurangan seperti halnya perusahaan saya yang sekarang. Tidak ada perusahaan yang sempurna, sebagaimana tidak ada manusia biasa yang sempurna.
Tetapi walaupun tahu hal tersebut, tetap saja kejenuhan dan rasa capek dengan keadaan yang sekarang itu menyerang dan menyerap.

Setelah 3 tahun, teruskah berlayar dengan kapal yang sama ataukah berganti ke kapal yang lain yang tampaknya memiliki layar lebih kuat dan mampu melaju lebih cepat. Bismillah, ya Allah pilihkan aku yang terbaik.