September

Bulan ini seperti biasa diawali dengan apel bulanan yang dipimpin oleh asisten Direktur bagian produksi, Bapak Masuda. Laporan produksi dan hasil penjualan bulan sebelumnya juga mengisi acara selain laporan hasil kaizen yang memang tiap bulan menjadi menu rutin. Yang menarik dari apel bulanan kali ini adalah demo iklan produk yang akan dirilis pada musim gugur 2008 ini yaitu LUCIDO-L, hair wax untuk kaum hawa dengan bentuk wadah yang sangat unik dan menarik. Supaya tidak penasaran maka iklan TV-nya saya cuplikkan di bawah ini :


Bintang iklan Lucido-L kali ini adalah Kimura Kaela, seorang bintang yang sedang naik daun di dunia musik Jepang. Sementara itu Gatsby akhirnya mengeluarkan lagi iklan Moving Rubber setelah cukup lama menghilang dari layar TV.

Silakan tengok2 website Gatsby ini untuk bisa meng-download ringtone dan lagu iklannya, URL-nya adalah http://www.gatsby.jp/cmstudio/index.html

———————–
Setelah apel bulanan beres saya tinggal sejenak di ruang makan yang sekaligus dipakai untuk ruang rapat massal itu sesuai dengan pesan asisten direktur. Tak lama kemudian manajer produksi bagian finishing mendekat dan mengajak saya menuju kantor beliau. Tema pelatihan saya bulan ini adalah finishing.

Kegiatan hari ini diisi penuh dengan mengekor jadwal manajer finishing. Saya awalnya diajak tur keliling berdua dengan manajer untuk melihat keseluruhan pabrik yang menangani finishing di pabrik Mandom ini. Memang masih ada beberapa blok kerja yang menggunakan tangan manusia untuk mengecek dan memilah kualitas produk tapi sebagian besarnya sudah memakai mesin otomatis terutama di bagian aerosol. Bagian terakhir yang ditunjukkan oleh sang manajer adalah gudang bersistem otomatis yang di lantai duanya karton-karton berisi produk disusun dan dimasukkan ke dalam gudang oleh dua orang, eh dua buah robot. ruang yang cukup luas itu sangat lengang karena memang tidak ada manusia yang bekerja, hanya dua robot itu yang sibuk mengambil dan menyusun karton produk lalu mengirimnya ke conveyer yang secara otomatis memasukkan ke gudang setinggi kurang lebih 20 meter.
Di sore hari manajer mengajak ikutan pertemuan yang diikuti oleh direktur pabrik, wakil direktur, manajer dan asisten2nya membahas tentang persiapan presentasi pada rapat minggu depannya. Rapat yang tadinya direncanakan selesai jam 17:30 akhirnya molor hingga lewat jam 7 malam, saya yang sedang menjalankan puasa hanya sempat permisi sebentar membeli teh dingin dan membasahi tenggorokan. Pada akhir rapat direktur menoleh ke saya dan meminta pendapat tentang pre-presentasi yang dibawakan oleh 3 asisten manajer, saya mengelak memberi pendapat dengan mengatakan bahwa saya masih dalam proses “menyerap” jadi belum pantas untuk mengomentari hasil kerja para asisten2 itu. Direktur manggut2 dan tampaknya bisa mengerti jalan berpikir saya. Bagaimanapun para asisten itu adalah senior2 saya dan saya masih berada pada posisi yang saya rasa belum pantas untuk mengomentari hasil kerja mereka walaupun direktur memberikan peluang untuk itu.

saya tiba di rumah lewat jam delapan malam. Makan malam akhirnya cukup larut. Puasa hari pertama yang cukup melelahkan.

2 comments

  1. ulul says:

    Assalammualaikum, Salam kenal Bang, suami saya baru berangkat ke Jepun september kemarin, ke Kyoto.
    Dulu, istri abang berapa lama nyusul ke Jepunnya ??
    heheh…peryaratan apa aja yang diurus ? nuhun ya atas infonya…
    Salam buat keluarga
    Wassalam

  2. arif says:

    Urus visanya tidak terlalu lama, hanya makan waktu sekitar 3 hari. Silakan tengok2 perbincangan di http://forum.anaknegri.com untuk masalah visa.

%d bloggers like this: