Video Compilator

Sejak kemarin saya menguji coba sebuh plug-in baru di http://anaknegri.com yaitu rubrik yang saya sebut VIDEO ANAKNEGRI ( http://anaknegri.com/?arah=video ). Dengan fasilitas ini maka segala keruwetan yang selama ini kita hadapi ketika akan menikmati video2 kiriman orang2 seluruh dunia di Youtube atau Google, akan hilang. Selama ini untuk menonton film “NAGABONAR JADI 2” di Youtube yg terdiri dari 14 klip, maka saya harus mengklik-klik link2 itu sebanyak 14 kali dan tentu saja harus mencari2 dulu kalau ternyata link selanjutnya tidak tersedia di layar yg sedang saya lihat. Dengan fasilitas ini maka cukup satu orang saja yg perlu susah payah mengumpulkan link dan durasi potongan2 klip itu, dan selanjutnya film itu bisa ditonton secara simultan dengan layar yg lebih lebar (600 x 490 pixel), tanpa perlu klik2 dan search lagi. Selain itu dengan satu klik tombol maka latar belakang video akan menjadi gelap sehingga mata juga tidak terlalu lelah ketika mempelototi klip2 itu.

Plugin ini sebenarnya sudah lama saya buat, yaitu sekitar 3-4 bulan yg lalu. Namun karena kesibukan di hal2 lain maka tertinggalkan sejenak. Tadinya saya berniat merakitnya dengan full javascript, tapi setelah melihat leletnya server youtube ketika harus narik file video, maka ndak jadi. Karena kalau browser yg tanpa dibebani tugas macam2 aja seringkali lelet, apalagi kalau dibebani oleh javascript di halaman anaknegri.com. Wah, bisa tambah lelet 🙂 Maka jalan keluarnya adalah dgn server side scripting.

Hingga hari ini sudah puluhan klip yg berhasil saya input. Termasuk di dalamnya film Nagabonar Jadi 2 (full version 2 CD sekaligus), koleksi klip Dewa 19, Peter Pan, Letto, Nidji, dan tentu saja ndak ketinggalan dokumenter2 menarik seputar Sejarah Islam, dan film2 John Pilger. Mudah2an anggota anaknegri lainnya juga bersedia meluangkan waktunya untuk membuat kompilasi2 video yg bermutu.

Mudah2an membawa manfaat bagi kawula anaknegri.com. Selamat menonton, jangan lupa waktu ya 🙂