Survey for 卒論 (Skripsi)

Sejak kemarin secara resmi saya meluncurkan sebuah survey untuk bahan penulisan skripsi, sebagai tugas akhir saya untuk menyelesaikan kuliah ekonomi saya di universitas Hyogo, Kobe.

Dengan bermodalkan database dari komunitas anaknegri ( http://anaknegri.com ) dan KURNIAWAN A&S ( http://pajaknenkin.com ) alhamdulillah saya berhasil mengirimkan invitasi ke lebih dari 1000 orang di seluruh Jepang dan Indonesia. Walaupun demikian sekitar 300 alamat email yang saya kirimi ternyata sudah tidak aktif, mungkin karena sudah kadaluarsa atau juga karena memang sudah ditutup sendiri oleh pemiliknya.

Hingga hari ini, hari kedua, alhamdulillah sudah lebih dari 50 orang teman2 yg datang berkunjung dan mengisi pertanyaan2 saya di http://survey.arifkurniawan.net . Bagi teman2 kenshusei dan mantan kenshusei, kalau punya kelowongan waktu, mohon partisipasinya ya….Insya Allah tidak akan makan waktu banyak karena kebanyakan pertanyaan bisa diisi dengan klik mouse.

Pertanyaan2 yang saya susun ini bertujuan untuk mengumpulkan data untuk saya pakai menganalisa sejauh mana teman2 kenshusei itu mempunyai keinginan untuk wirausaha dan sejauh mana mereka mempersiapkan diri untuk itu. Selain itu saya juga berusaha mengumpulkan data latar belakang kenshusei, seperti pendidikan, keluarga, perusahaan, dan pesan2 dan kesan2 mereka terhadap magang dan kohai2nya.

Yang paling menarik sebenarnya bukan hasil data yg saya kumpulkan. Bagi saya yang paling menarik adalah kolom PESAN2 BUAT KOHAI. Kenapa saya katakan menarik, karena isi pesan2 itu begitu banyak berubah dari pesan2 senpai2 yang pernah saya dengar ketika 7 tahun yg silam saya pertama kali datang ke Jepang.

Dulu, ketika sempat satu kali mengisi acara PESAN2 BUAT KOHAI di hotel Takefu, Fukui, tahun 2003 yg lalu, saya pernah memaparkan sebuah ulasan yang pada intinya mengajak teman2 kenshusei, baik yg kala itu sudah mau pulang, atau yg baru datang, untuk selalu “menentukan tujuan dan membangun cita-cita“. Materi itu di waktu itu masih terdengar asing di telinga kenshusei2 karena rata2 senpai kalau memberi pesan2 dan kesan2, biasanya, “ganbatte kudasai, kerja yg rajin, menabung yg rajin, dengar apa kata pembimbing, dll“. Nyaris tidak ada yg berusaha untuk menyarankan agar kohai2nya berpikir apa tujuan mereka selanjutnya.

Setahun yg lalu, ketika pertama kali saya menemani teman2 kenshusei di IHI Amtec, di Aioi Shi, Hyogo. Ketika diminta untuk memberi pesan atau nasehat, maka pada 2 orang kenshusei yg masih segar2 dan semangat karena baru datang itu, saya berucap. “Dari sekarang kalian harus mulai berpikir, mau apa kalian setelah pulang ke Indonesia nanti“.

2 kenshusei yg duduk di depan saya itu kelihatan bengong. Mungkin dalam hati mereka “baru datang, kok sudah disuruh berpikir mau apa setelah pulang nanti“. Tapi setelah setahun lewat, mungkin mereka sudah mengerti kenapa saya ngomong begitu waktu itu. Ataukah, mereka malah sudah lupa? 🙂

Di kolom PESAN2 BUAT KOHAI di survey saya itu, kalimat yang temanya menyerupai pesan saya di atas sudah banyak terpampang. Yang berarti teman2 mantan kenshusei yg sudah pulang itu sudah sadar bahwa seharusnya, seorang kenshusei yg datang ke Jepang, seharusnya sudah mulai merancang masa depannya ketika pertama kali menginjakkan kaki di pintu perusahaan, pada hari pertama.

Sayang sekali kebanyakan dari teman2 mantan kenshusei, menyadarinya setelah kembali ke Indonesia 🙁

13 thoughts on “Survey for 卒論 (Skripsi)

  1. konbanwa arif san, kebetulan saya baru mau berangkat ke shikamachi sebagai kenshusei,sebelumnya perasaan saya cempur aduk tapi setelah saya baca blog ini saya seperti punya gambaran,yang sebelumnya tidak ada sama sekali setelah pulang ke indonesia,domo arigato

  2. assalamu’alaikum wr…wb…

    saya mahasiswa tingkat 4, sedangan menyusun proposal. adakah bantuan dari sennpai buat saya…
    saya butuh referensi TA untuk S1tentang lingusitik nihon go.

    doumo.

  3. assalamualaikum…

    saya mahasiswa jurusan bahasa jepang di medan…
    sekarang lagi mau nyusun kertas karya untuk TA

    saya lagi butuh referensi TA untuk D3 tenatng linguistik bahasa jepang…
    klo ada tolong di kasi tau yah..^_^

    wass…

  4. Assalamu’alaikum…
    kang arif saya membaca tulisan kang arif yang begitu memacu motifasi saya. saya dari dulu sebenarnya sangat ingin ka negeri sakura tapi allah belum menijinkan saya tuk kesana. gimana caranya kang arif bisa ke sana?. saya ingin sekali mendapatkan pengalaman hidup dan memperbaiki hidup ini walau dengan apapun baik sebagai kensushei ataupun bukan. saya mencoba tuk ikut test di disnakertrans tapi usia saya 28 th gmana?… apakah ada cara lain selain lewat kensushei ? gmana caranya?….

  5. assalamualaikum
    sumimasen mau nanya yang gak begitu nyambung sih..kalo tadi kan banyak yang nanya tentang magang-magang tuh..hmm..klo saya mau nanya justru tentang beasiswa gitu..pengennya sih s2 ngambil law n political science di univ. tokyo (hehe..). yang mau saya tanyain..bapak punya informasi gak tt beasiswa tsb yang ditanggung sama pemerintah jepang tapi full (hehe lagi), kalo emang tau syaratnya apa aja ya pak..n berangkatnya kapan biar saya bisa siap-siap n semangat nyelesein skripsi saya..hehe..gomen ya klo ceplas-ceplos..soalnya udah cita-cita saya banget pengen nimba ilmu pengetahuan sembari mempelajari mental orang jepang..n insya 4JJ setelah itu saya ingin buat ngeaplikasiinnya di Indonesia..yah saya pengen berguna juga sih, gak pengen cuma numpang lahir n tumbuh besar doank di indonesia..tapi ya gitu..terbentur finansial pak..kalo bapak berkenan tolong bantu saya ya pak..klo bapak punya informasi mengenai hal tersebut bisa tolang kirim via email?
    terima kasih banyak sebelumnya..wassalam n_n

  6. Assalamu Alaikum..
    untuk daeng Arif salam kenal…
    setelah saya jelajahi blog ini,banyak sekali imformasi yg sy dapat.
    baik itu berita kenshusei dari jepang maupun hal2 yang menyangkut warga negara indonesia yg berada di jepang pada umumnya.

    sebagai pembuka saya akan mengomentari survey daeng Arif tentang kenshusei diatas.perlu diketahui jg,tahun lalu saya sempat mengisi aplikasi survey yang daeng Arif kirim ke e_mail saya.saya sangat bangga dan salut atas kerja keras daeng Arif untuk mengangkat citra kenshusei dijepang khususnya dan warga indonesia pada umumnya.

    ( maju terus ki daeng,ajaki tasoro.maega laleng ko meloki sappa bali,tapi liwe pi sussana ia ko sappaki sahaba weddingnge riala padaroane…gomen ne chotto bugisi go de dashichatta..)

    lanjut dari itu,,,untuk para kenshusei yang masih berada di jepang baik yang legal maupun itu ilegal,tidak terbatas baik itu dari yayasan IMM ataupun dari yayasan lainnya untuk tetap bersemangat dan pantang menyerah ganbarimasho…dari sekian banyak yang saya baca dari komentar rekan2 diatas maupun dari indeks lainnya (anaknegri.com@kenshusei no koto,red) saya rasa sudah cukup bagus untuk membantu membuka pikiran mereka (kenshusei) akan kelangsungan hidup mereka sendiri setelah pulang ke tanah air nantinya,akan tetapi dalam arti yang masih sebatas pertanyaan dan saran yang pengertiannya masih luas.

    Sebagai mantan kenshusei saya berharap jika ada yang bisa memberikan sedikit bayangan tentang peluang kerja yang ada di Indonesia.sehingga pikiran mereka bisa sedikit terbuka dan berubah untuk tidak selalu berharap dan menjadikan negara jepang sebagai lahan untuk mencari uang ( ingin kembali kejepang selepas kontrak).
    Sebagai pengalaman pribadi saya akan berbagi cerita dengan saudara2 sekalian.selepas magang dijepang,saya kembali ke indonesia dengan pikiran dan tujuan yang masih kurang jelas.dengan sisa uang yg saya dapatkan dari jepang,saya putuskan untuk kebali dengan harapan agar bisa kembali kejepang dengan jalan mencari agen atau yayasan yang bisa memberangkatkan saya kembali kejepang.Pada akhirnya ada sebuah yayasan yg bersedia untuk itu dengan biaya yg cukup besar.awalnya gelombang pertama sdh diberankatkan,karena ada yg melarikan diri,akhirnya gelombang k2 dibatalkan dgn alasan yg tidak jelas kami tidak jadi berangkat uang yang disetor tadi pun melayang…inilah sekilas pengalaman pahit saya,untuk bisa dijadikan pelajaran dan pertimbangan dikemudian hari,buat saudara saudara kita yang akan balik ke indonesia( kenshusei).
    Dari pengalaman itu saya membuka mata,untuk tidak berpatokan dengan hal hal yang belum tentu dapat memberikan jaminan kehidupan yang layak bagi masa depan saya sendiri.dan akhirnya saya putuskan untuk masuk kuliah jurusan bahasa jepang,dan sekarang saya cuti kuliah untuk sementara karena tuntutan kerja…

    Terima kasih banyak saya ucapkan bagi yang telah memberikan waktunya untuk membaca posting saya ini,dan saya sangat berharap jika saudara dapat mengomentarinya.
    agar kelak bisa menjadi masukan buat saya untuk lebih mengoreksi diri dari kekurangan yang saya miliki..

    Buat Daeng Arif terima kasih banyak atas layanan yang telah anda berikan…saya sangat puas dengan blog ini.Dengan pasilitas ini kami bisa berbagi cerita dengan saudara saudara kita dijepang.terutama bagi mereka yang membutuhkan impormasi tentang kenshusei seperti saya ini.

    salam hangat saya

    halis,B

  7. SAya mau nanya apa program magang di kota Shikamachi,Ishikawa ken masih ada ya
    itu lho kerjasama Depnaker dan shokokai,saya cari-cari info di Depnaker daerah kok pada ga tahu.Saya dulu ikut program itu ( th 2000 ) sekarang saya kontak orang yg dulu kasih informasi sudah ga bisa dihubungi.
    barangkali temen 2 di sini ada informasi bisa hub saya di email ini.arigatoo……

  8. Assalamu’alaikum
    Arif apa kabar? 7tahun lalu saat dicevest kita satu angkatan,satu kelas dan pernah sebangku..masih ingat?Saya dah sering mengunjungi website kamu tapi baru kali ini memberanikan diri mengomemtarin kamu.. Rif,sepulang dari jepang,saya masuk kuliah di sebuah PTS di Bekasi fak.sastra jepang.Dan saat ini saya lagi menulis skripsi juga.
    Oh ya rif..saya juga mengikuti mobunkagakusho,saya ingin meminta saranmu,ada tidak kiat-kiat mengahadapi test ini atau mungkin referensi buku ..saya berharap bisa lulus..Terima kasih,,?????????????????????????

  9. assalmaualaikum
    mas arif mohon infonya donk…saya kan kenshusei sekarang di ishikawa..cuma temenku ada yng pengin lanjutin study di jepang dia tanya tentang universitas dijepang…..dia nyebutin universitas berikut
    Ritsumeikan, Yamaguchi, GRIPS, Kobe dan Miyazaki..nah dari universitas2 itu mana yang paling bagus..coz saya gak tau babar belas tentang universitas d sini…tolong yah.onegaishimasu…maksudnya bagus dinili dari kualitas serta biaya hidup..pokonya lingkungannya lah onegaishimasu yah..kalo bisa kirim ke email saya yah….jazakallohukhoironkatsiiron

  10. Mbak Kitty,
    Selamat datang di blog ini. Kapan2 kalau ada waktu kita bisa tuker2an info dan data. Survey yg saya adakan ini bolehlah nanti dibagi datanya. Hari ini (12 Nov) data yg terkumpul sudah lumayan, sudah lebih dari 250 orang teman2 yg ikutan membantu.
    Anyway, kalau boleh tahu, seperti apa tema report yg mbak Kitty buat? Bolehlah disharing, siapa tahu membawa manfaat buat yg lain.

  11. halo perkenalkan nama saya kitty, saya sekarang sedang menempuh pendidikan s1 di Jepang, besok deadline research report buat kelas migration studies dan saya nulis tentang kenshusei Indonesia di Jepang. Seandainya saya menemukan blog ini lebih awal mungkin saya bisa minta saran dan masukan mas arif buat report saya.. sayangnya besok udah harus dikumpulin >..

  12. Buat rekan-rekan kohai yang baru datang atau yang sedang magang, setelah menjalani pendidikan yang panjang dan mendebarkan (takut dipulangkan) mungkin merasa sudah menjadi pemenang setelah tiba di Jepang.
    Tetapi sebenarnya perjuangan baru dimulai, Tentukanlah Tujuan kamu ikut magang apa, kemudian manfaatkan waktu selama di Jepang dengan sebaik mungkin. Jangan merasa berbangga berlebihan karena sepulang ke Indonesia umur sudah bertambah dan tanggung jawab lebih banyak lagi yang akan dihadapi.
    Saya termasuk yang menyadari setelah kembali ke Indonesia betapa penting merancang masa depan saat pertama datang.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.