Aso dan Fukuda

Gonjang-ganjing politik di negeri sakura ini masih ramai dengan calon pengganti Abe Sinzo setelah Abe mengundurkan diri beberapa hari yg lalu.

Di dalam tubuh partai yang berkuasa di majelis Tinggi, LDP, ada dua calon kuat yang didukung oleh kubu2 penyokongnya. Awalnya nama Aso Taro dinilai sebagai figur terkuat, tapi kemudian Aso dibayangi dengan ketat oleh Fukuda Yasuo. Posisi Aso yang semula merupakan calon terkuat, dengan pelan tapi pasti digeser oleh Fukuda setelah ybs mendapatkan dukungan dari mantan PM Koizumi Jun-ichiro dan mantan PM Mori Yoshiro.

Saat ini kubu2 dalam tubuh dewan kebanyakan memberikan dukungan kepada Fukuda. Ketika artikel ini ditulis 302 suara dari total 528 suara telah berada di genggaman Fukuda Yasuo.

Dalam beberapa hari terakhir ini, wajah kedua calon orang nomor satu Jepang mengisi layar kaca dengan debat2 di stasiun2 TV di seluruh Jepang. Kebanyakan materi debat terfokus pada wacana bantuan Jepang kepada militer Amerika dalam melawan (baca=menebarkan) terorisme. Selain itu juga yang menjadi perbincangan adalah penyeimbangan ekonomi pusat-daerah dan penyelesaian masalah penculikan warga negara Jepang oleh negara tetangga, Korea Utara.