SiS dan Takara Standard

Kemarin saya menghadiri seminar karir pertama yang berlangsung di Office Tower Hilton hotel, Osaka. Perusahaan yg mencari karyawan itu bernama SiS, sebuah perusahaan hasil patungan IBM Japan dengan Sharp yang bertugas melayani semua kebutuhan IT Sharp baik di dalam negeri Jepang maupun di luar negeri, termasuk di Indonesia, katanya. Pegawainya hanya 198 orang tapi ruang lingkup kerjanya menakjubkan karena betul2 menjadi pionir Sharp dalam melayani pelanggan, mulai dari proses produksi barang, distribusi, hingga maintenance jaringan. Pihak SiS mati2an menjelaskan kepada calon2 sarjana tahun depan yg berjumlah sekitar 30 orang itu, kenapa bekerja di perusahaan mereka itu menarik dan menyenangkan. Setelah curi2 pandang ke belakang, tampaknya hanya saya orang asing yang berkulit gelap. Hampir semua peserta berkulit terang, walaupun tidak bisa saya pastikan bahwa semuanya Jepang, sebab membedakan Jepan, Cina, dan Korea bukan hal yg mudah sebelum mendengar mereka bicara.

Jam 16:00 saya meninggalkan ruangan karena skor TOEIC dan TOEFL saya alhamdulillah melampaui batas terendah mereka yang meminta 730 TOEIC dan 550 TOEFL. Di hadapan saya ada sekitar 4 orang yang ikut meninggalkan ruangan, pertanda skor mereka melampaui batas yg ditetapkan yg berarti mereka pun tidak usah mengikuti ujian bahasa Inggris di sesi kedua.

Hari ini perusahaan yang saya kunjungi adalah TAKAR STANDARD yang terkenal dgn enamel kitchen system-nya. Perusahaannya cukup besar karena terdiri dari 1500 orang pegawai dalam kompleks yang menyatu antara pabrik dan kantor.

Perusahaan ini, alih2 menjelaskan ttg enaknya bekerja di perusahaan mereka, bagian personalianya malah demo teknologi. Bagi saya yang baru lihat teknolgi enamel mereka asik2 aja nonton, tapi bagi yg mereka yg sudah sering lihat, dengan cepat menjadi bosan. Sekitar 1/3 dari 50 calon2 sarjana di 2008 itu tertidur di mejanya.

Akhirnya seminar selesai jam 12:00 dan saya langsung pulang ke Kobe menuju kampus untuk ikut kuliah Global Economy, mata kuliah terakhir yang harus saya selesaikan semester ini supaya tahun depan bisa menjadi sarjana ekonomi.