PPI Kansai Garuda Online Ticketing

Akhirnya hari ini saya meluncurkan website untuk online ticketing yang dikelola oleh PPI Kansai dan diperuntukkan bagi orang Indonesia di Jepang bagian barat. Alamat websitenya adalah http://garuda.ppi-kansai.net

Sebenarnya materi pemrograman tidak terlalu rumit seperti anaknegri.com yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas otomatis dan verifikasi berdasarkan negara, wilayah, dan IP. Website untuk PPI Kansai ini lebih sederhana karena hanya membutuhkan verifikasi di pemesanan, sistem login, dan administrasinya. Hanya saja karena ini menyangkut duit secara langsung maka perlu kehati-hatian ekstra. Apalagi website ini juga mengemban nama PPI Jepang Korda Kansai dan Garuda Indonesia cabang Osaka. Jadi kalau ada masalah maka merembetnya kemana-mana.

Awalnya server yg akan dipakai adalah Yahoo Geocities, tapi karena banyaknya restriksi yg diberlakukan oleh Yahoo! maka akan ada banyak fasilitas2 PHP yg tak bisa digunakan. Padahal saya bermaksud membuat otomatisasi sistem dengan benar2 otomatis yg hanya melibatkan mata manusia satu kali pada saat verifikasi data, selebihnya akan dilakukan oleh sistem itu sendiri. Yahoo mungkin tidak ingin ambil resiko dengan membuka fungsi2 seperti FTP by script, multybite, customized mailer function, dll. Tapi akibatnya bagi pemrogram yg ingin berkreasi, batasan2 itu sangat menganggu. Akhirnya sebagai jalan keluarnya saya menggunakan server anaknegri untuk melakukan tugas yg tak ter-cover di Yahoo. Dan dgn sedikit trik, saya menyembunyikan nama anaknegri.com supaya yg tampil di layar browser tetap ppi-kansai.net, penggunaan nama ppi-kansai.net ini sesuai dengan komitmen saya untuk membangun jaringan di dalam naungan PPI Kansai, bukan di bawah nama bendera saya, anaknegri.com. Mudah2an teman2 pengurus PPI Kansai bisa secepatnya mengambil keputusan untuk meilih server yg akan digunakan supaya saya bisa memindahkan seluruh sistem ke server milik PPI Kansai sendiri dan tidak membebani server anaknegri.com dan sekaligus tidak membebani pikiran saya 🙂

Pada awalnya sempat terpikir untuk mengajukan referred server, artinya kalau server itu dipilih maka saya akan mendapat bonus dari perusahaan tersebut. Tapi setelah saya pikir2 ulang, maka saya mengurungkan niat karena khawatir perhitungannya akan rumit nanti. Masih baik kalau perhitungannya menguntungkan saya, kalau ternyata perhitungan menunjukkan saya rugi, maka penyesalan abadilah yang ada. Yang saya maksud dengan “perhitungan” itu adalah, perhitungan di hari perhitungan. Anda pikir saya sok idealis? 🙂 Terserah, yang jelas saya masih lebih memilih dikatai sok idealis  daripada menderita kerugian, nanti.

website itu masih belum sempurna karena artikel2nya sebagian besar belum masuk, tapi paling tidak sudah bisa dipakai untuk stimulasi harga dan sekaligus memesan tiket. Mudah2an dalam 1 bulan ini semua sistem yg saya rancang bisa digunakan supaya teman2 Indonesia bisa memesan tiket Garuda dengan lebih mudah.

Iklan agh….

————————————————————————

Pulang ke Indonesia? Terbanglah bersama Garuda Indonesia.

Dapatkan tiket murahnya di http://garuda.ppikansai.net !!

———————————————————————— 

One thought on “PPI Kansai Garuda Online Ticketing

  1. salam kenal, nama saya sakti saya mantan kensusei, saya rencana ingin menikan dengan orang jepang kebetulan dia berasal dari osaka..
    dengan keadaan jepang seperti ini apakah saya bisa mendapatkan pekerjaan di osaka… apakah anda mempunyai info perusahaan perusahan yang ada orang indo atau kensusei bekerja di osaka. atau anda punya informasi yang bisa saya hub.. mohon bantuannya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.