Saya

Minggu malam
Listrik mati
Puskesmas panik
Seorang Ibu mengerang
Sesosok bayi lahir
Itulah saya

Telanjang
Tanpa sehelai benang
Tanpa sekeping emas
Tanpa secuil jabatan
Dan tentu saja tanpa sebuah gelar

…………….

Dunia gelap
Malaikat menatap
Kering tenggorokan
Sakit terasa
Kosong menyambut
Maut menjemput

Sendiri
Sepi
Senyap
Tanpa berlembar-lembar rupiah
Tanpa secuil jabatan
Dan tentu saja tanpa sebuah gelar

Yang menemaniku hanya nyanyian amal baik
Yang menghibur menemani sepiku
Menanti hari perhitunganku

Astagfirullahul adzim

Kobe, penghujung musim dingin 2007

—————————————————————————————

Coretan ini tertulis ketika suatu hari saya membuka email di milis almamater saya. Di salah satu pengirim email tertulis dengan jelas nama seorang adik angkatan yang kebetulan diberi amanah menjadi pelayan masyarakat di daerah Timur Indonesia.

Yang membuat saya tertawa adalah kelakuan adik kelas itu yang menulis namanya lengkap dengan jabatan dan gelar masternya.

Di dunia internasional, terutama di Jepang, orang tidak akan menuliskan gelar akademiknya di email yg dikirim atau pada saat menyebut nama sendiri, kecuali bagi mereka yang profesinya adalah dokter atau hal-hal yang betul-betul depending on customers’ trust.

Sehari setelah tulisan di atas saya upload di milis, muncul lagi sebuah email dengan topik yang berbeda, dan lagi-lagi saya tertawa karena pengirimnya dengan gagahnya mencantumkan nama beserta gelar militer dan tempatnya bertugas yang kebetulan di negara tetangga.

Ah, memang banyak yang lucu di dunia ini. Orang2 yg saya kenal sebagai lulusan Doctor atau bahkan Post Doctor dari universitas ternama semacam Kobe University malah jarang yang mencantumkan gelar. Padahal karya ybs sudah meng-internasional dan dipakai sebagai rujukan media massa atau bahkan mungkin dosen yang memberi kuliah graduate kepada adik kelas saya itu 🙂 Tanpa bermaksud mengecilkan arti gelar adik kelas saya itu, tapi saya rasa tidaklah santun untuk mencantumkan nama di email yang dikirim kepada milis almamater sekolah.

One comment

  1. yudabagas says:

    HAPPY BIRTHDAY…

%d bloggers like this: