Satu lagi dari AN

Alhamdulillah kemarin saya berhasil merampungkan sebuah program sederhana untuk menyediakan layanan informasi waktu sholat via email keitai. Dengan program ini bagi saudara2 muslim yg bermukim di Jepang tidak perlu pusing lagi membawa2 lembar jadwal sholat karena dengan mengirimkan email ke tanya-waktu-sholat(at)anaknegri.com maka dalam waktu maksimal 30 menit robot virtual kami ANicon akan mengirimkan data waktu sholat hari itu. Hingga malam ini teman2 yg mencoba layanan ini sudah lumayan, hanya saja sayang sekali ada beberapa wilayah layanan Softbank belum bisa kami identifikasi. Seorang rekan dari Ishikawa alhamdulillah berkenan mengujicoba dgn Softbank-nya dan akhirnya saya berhasil mendapatkan contoh isi amplop email dari keitai Softbank.

Mudah2an dalam beberapa hari ini semua jenis keitai bisa kami cover supaya teman2 yg mobility-nya tinggi bisa tetap memperoleh jadwal sholat yg tepat via keitai.

Ada beberapa fitur tambahan dari website kami http://anaknegri.com versi baru, di antaranya adalah fasilitas untuk menanyakan kosakata bahasa Jepang (semacam kamus online via email), sharing foto dari kamera keitai, informasi penting via keitai, info halal via email, dll. Info halal via email ini yg mungkin akan makan waktu cukup lama karena data halal-haram dari Islamic Centre yg sudah terlalu usang, kalo ndak salah data terakhir yg kami terjemahkan ke bahasa Indonesia adalah keluaran tahun 2001. Padahal produk2 makanan di Jepang sudah berubah banyak sekali. Ada yg semula nyata haram, sekarang insya Allah jadi halal, demikian pula sebaliknya. Ada keinginan sih mengkoordinasi semacam tim kecil untuk mensurvei kebanyakan produk yg beredar di supermarket, konbini, dll tapi belum sempat juga krena kesibukan yg terlalu menggunung. Mudah2an nanti Allah memberi kemudahan, amin. Tim ini cukup sulit dibentuk karena butuh orang2 yg kemampuan nihonggonya level 2 ke atas, dan juga harus paham kosakata yg ada hubungannya dengan makanan. Dan kalaupun bisa bahasa Jepang, mau nggak kerja bakti hanya berharap pahala? 🙂

Mudah2an cita2 ini bisa terlaksana. Yang jelas satu langkah ini membuka jalan untuk aktifitas lainnya. Alhamdulillah.

2 comments

  1. Munawir(tamu) says:

    Salam kenal dari juniorta di IMMIM… mampirki ke blogku nah

    http://anaugie.blogspot.com

  2. Webmaster says:

    Salam kenal kembali dek Munawir, blognya bagus sekali. Aktif2ki menulis na supaya banyak yg bisa dibaca…

%d bloggers like this: