3 days in Aioi

IHI Amtec, demikian nama perusahaan yang kemarin sempat saya kunjungi selama 3 hari untuk bertugas sebagai penerjemah. Industri kapal yang bagi saya luar biasa besar. Dengan jumlah pegawai yang sudah lebih dari 800 orang, perusahaan ini masih dengan sangat bersemangat menjajal kemampuan orang Indonesia untuk bekerja di perusahaan mereka, pada kesempatan ini mereka mengundang lagi 6 orang kenshusei, sebelumnya sudah ada 16 orang jadi totalnya ada 22 orang.
Menurut Sacho Amtec, targetnya pada 2008 akan ada minimal 40 orang pemuda Indonesia yang akan dipekerjakan di perusahaan ini.
Saya malah jadi belajar banyak tentang hal-hal yang selama ini hanya saya tahu dari TV atau majalah, seperti crane raksasa, fasilitas dok perbaikan kapal laut, teknik pengelasan lempeng besi seukuran rumah, dll.
Nginapnya di hotel khusus petinggi IHI Grup yang rupanya cukup menyenangkan, walaupun makanannya biasa2 saja (kalau dibandingkan standar hotel biasa), tapi suasananya yang diapit gunung dan laut cukup fantastis.